x

Gubernur Kalsel : Sukseskan MTQ XXIX Nasional di Kalimantan Selatan

waktu baca 3 menit
Selasa, 11 Okt 2022 19:45 0 250 Redaksi

Gubernur Kalsel : Sukseskan MTQ XXIX Nasional di Kalimantan Selatan

MARTAPURA – LIPUTAN 4.COM. Pawai Ta`aruf Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) Nasional XXIX di provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (11/10/22) pagi berlangsung meriah.

Mengambil venue bertempat di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, masing-masing peserta perwakilan provinsi se Indonesia, 13 Kabupaten Kota se Kalsel, Ormas dan BUMN/BUMD menghias kendararaan dengan dekorasi yang artistik, Islami dan dipadukan dengan nilai budaya daerah.

Peserta pawai Ta’aruf juga menampilkan pagelaran seni budaya, pendalaman Al Quran yang divisualisasikan dalam bentuk karya seni dan kearifan budaya masing-masing kafilah.

Start dari seberang Kantor Bupati Banjar peserta pawai ta’aruf menuju bundaran Simpang Empat Banjarbaru, kemudian balik arah ke Martapura dan finish di Jl.Pangeran Hidayatullah dekat Kantor Bupati Banjar Martapura.

Dilepas oleh Gubernur Kalsel DR (HC) H.Sahbirin Noor S.Sos. M.H, pawai ta’aruf dimeriahkan oleh 1.600 orang siswa/siswi dari Kementerian Agama,1.300 orang siswa/siswi dari Dinas Pendidikan, serta 100 orang perwakilan ormas pemuda yang berdiri di sepanjang jalan kiri-kanan Jl.A.Yani mulai seberang Kantor Bupati Banjar sampai Batas Kota.

Gubernur Kalsel dalam sambutannya menyampaikan pawai ta`aruf merefleksikan kesiapan Kalimantan Selatan menyelenggarakan MTQ Nasional XXIX dan merefleksikan hablum minannas.

Melalui pawai ta`aruf Gubernur Kalsel mengharapkan agar semua kafilah bisa saling mendukung kesuksekan penyelenggaraan MTQ Nasional di Kalsel.

“Masyarakat saya harapkan turut memeriahkan MTQ dengan ikut serta menjaga ketertiban dan keamanan di arena MTQ maupun lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Pawai Ta`aruf kata Gubernur Kalsel bukan semata mata kebiasaan setiap kali penyelenggaraan MTQ tapi juga merupakan momentum untuk mengajak msyarakat untuk berbondong bondong datang ke arena MTQ nasional.

Selanjutnya dikatakan Gubernur Kalsel, pawai ta`aruf juga memperkenalkan bahwa budaya dan kesenian Islam amatlah beragam dan Keberagaman budaya dan seni Islam menampilkan pesan pesan kepada kebaikan dan sesuai dengan fitrah kemanusiaannya,” ucap Gubernur Kalsel.

“Mari kita kita tingkatkan rasa kebersamaan dan persaudaraan. Marilah kita jadikan suasana pawai taaruf sebagai suasana yang mempersatukan harapan kita untuk menyukseskan MTQ,” ajaknya.

Harapan yang sama sebelumnya juga disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel DR.H.Muhammad Tambrin M.M.Pd dalam doanya bahwa MTQ Nasional dilaksanakan sebagai upaya melestarikan, mensyiarkan dan meningkatkan pemahaman terhadap Al-Qur`an.

“Semoga Allah menjadikan kehidupan di negara dan bangsa kita agar menjadi tempat yang subur bagi penyemaian dan pengejawantahan nilai-nilai Al-Qur’an sehingga bandhatun thayyibatun dapat kita rasakan,” harapnya

Pawai Ta`aruf MTQ Nasional XXIX di Kalsel menjadi agenda pembuka pelaksanaan MTQ Nasional XXIX di Kalsel dengan unsur penilaian dalam pawai mengandung empat aspek yakni nuansa agama, budaya, tertib berlalu-lintas, dan aspek keindahan karya seni budaya Islam.

Penilaian aspek agama yang digelar berkaitan dengan tiga pilar yakni Iman, Islam, dan Ihsan atau akidah, syari’ah serta akhlak.

Sedangkan untuk materi penilaian didasarkan pada kesesuaian dan keserasian antara tema dan fisik kendaraan hias yang ditampilkan, keterkaitan dengan hiasan kendaraan dengan nilai artistik islam, perpaduan warna dan ornamen hiasan kendaraan dengan nilai artistik islam, serta ketepatan ukuran kendaraan (Liputan 4.Com).

Berita dengan Judul: Gubernur Kalsel : Sukseskan MTQ XXIX Nasional di Kalimantan Selatan pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Irwan Saputra

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x
x