PPDB KOTA MEDAN 2022

Erick Thohir Sebut CSR BUMN Difokuskan ke Sektor Pendidikan

Erick Thohir Sebut Csr Bumn Difokuskan Ke Sektor Pendidikan

JAKARTA, Liputan4.com | Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir menyampaikan, beasiswa pendidikan merupakan kunci penting untuk kemajuan umat.

Karenanya, di BUMN saat ini program-program corporate social responsibility(CSR) atau program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) hanya fokus di tiga hal, salah satunya sektor pendidikan.


“Kami di BUMN sekarang yang tadinya CSR-nya macam-macam, sekarang hanya fokus di tiga hal. Satu, memberikan beasiswa untuk 7.700 generasi muda,” kata Erick Thohir saat memberi sambutan dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang yang juga disiarkan secara daring, Sabtu (18/6/2022).

Tidak berhenti di situ, kata Erick Thohir, zakat perusahaan-perusahaan BUMN juga dikerjasamakan dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), supaya jangan sampai zakat BUMN masuk ke kelompok-kelompok yang tidak percaya NKRI.

“Dengan Baznas juga sama, kita dorong untuk penciptaan 10.000 beasiswa,” terangnya.

Erick Thohir menyampaikan, dari total penduduk Indonesia yang mencapai sekitar 270 juta, 55% berusia di bawah 35 tahun. Karenanya, pendidikan menjadi sangat penting.

Kami juga di BUMN membuka magang bersertifikat untuk para santri, supaya santri yang lulus dan ingin meloloskan diri ke depan apakah jadi profesional atau pengusaha, ada waktu transisi dan tidak kaget ketika harus mulai beradaptasi dengan dunia profesional. Kita sudah merekrut 2.400 santri, ini semua karena kita percaya dan kita tidak mau selalu yang namanya santriwan-santriwati dibilang kelas dua,” kata Erick Thohir.

Fokus berikutnya adalah menjaga usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. “Program-program CSR kita seperti pendampingan UMKM di digital marketing, ini supaya UMKM kita naik kelas,” tegasnya.

Untuk mewujudkan semua program CSR, Kementerian BUMN telah meresmikan Forum TJSL BUMN. “Forum TJSL merupakan implementasi konkret dari core values Akhlak,” pungkasnya.

(Mch/Frd)

Print Friendly, Pdf & Email