PASPARAWI XIII SE-TANAH PAPUA

Bupati Bandung Launching Aplikasi SIMPELDESA di Desa Bojong Nagreg

Pewarta: Kuswandi Alias akuy Topik: Jawa Barat, Pemerintahan
  • Bagikan
Bupati Bandung Launching Aplikasi SIMPELDESA di Desa Bojong Nagreg

LIPUTAN4.COM, BANDUNG – Bupati Bandung, Dadang Supriatna, launching aplikasi SIMPELDESA di Perum Bukit Hijau Desa Bojong, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Dengan tema ” Penerapan digitisasi pembangunan desa berbasis SDGs desa dalam rangka peningkatan pelayanan publik dan pemulihan ekonomi desa melalui padat karya digital ” , Selasa ( 24/08/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya, Kadis DPMD Kabupaten Bandung, Kadis Kominfo Kabupaten Bandung, pihak Telkom, CEO SIMPELDESA, Camat, Perkumpulan BANGBARA BEDAS, dan perwakilan Kepala Desa se-Kabupaten Bandung,

SIMPELDESA di Kabupaten Bandung ini sebagai pilot project dan yang pertama launching di Provinsi Jawa Barat. Dimana aplikasi ini sangat memudahkan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan PAD kepada desa berupa pola kemitraan dengan BUMDes setempat.

Bupati Bandung Launching Aplikasi SIMPELDESA di Desa Bojong Nagreg
Ket : foto bersama pihak PT. Telkom dengan Tim BANGBARA BEDAS

SIMPELDESA adalah Sistem Informasi Manajemen dan Pelayanan Desa yang merupakan aplikasi berbasis Web Base (Dashboard) yang terintegrasi dengan AppStore (Android) untuk mempermudah interaksi administrasi, pelayanan dan usaha desa antara Pemerintahan Desa dengan masyarakat.

Fitur utama dari aplikasi SIMPELDESA terdiri dari :
1. Administrasi, yang mengerjakan segala bentuk administrasi pemerintah desa berdasarkan regulasi yang di buat melalui website (dashboard).
2. Pelayanan, aplikasi ini memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengajukan administrasi yang dikeluarkan Pemerintah Desa dan layanan partisipasi aktif masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, saran, dan kritik melalui ponsel Android.
3. Ekonomi Desa, aplikasi ini memberikan ruang media pada pemerintah Desa melalui BUMDes untuk melakukan usaha di bidang E-Bisnis Pemerintah desa dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Bandung Dadang Supriatna menyatakan, memberikan apresiasi atas kinerja semua pihak, atas launching Aplikasi SIMPELDESA, dimana aplikasi ini merupakan aplikasi yang bagus dan keren.

” Dengan aplikasi SIMPELDESA, desa akan lebih maju, lebih transparan, dan lebih sejahtera. Karena akan terkoneksi dengan semua pihak dan semua lapisan masyarakat, ” ucap Dadang Supriatna.

Dadang Supriatna menekankan, bahwa aplikasi SIMPELDESA ini bukan hanya launching seremonial saja, tetapi harus dapat di terapkan di semua desa di wilayah Kabupaten Bandung. Karena aplikasi ini akan memberikan layanan yang murah, mudah, dan cepat.

Bupati Bandung lebih lanjut memaparkan, dengan aplikasi SIMPELDESA, proses administrasi dan pelayanan berbasis online, akan memudahkan perangkat desa dalam mengerjakan admistrasi dan pelayanan terhadap masyarakat, dapat mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat desa melalui e-Bisnis Desa, dan akan memudahkan Pemerintahan dan Lembaga Desa dalam memberikan informasi kepada seluruh masyarakat desa.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Bojong Kecamatan Nagreg, Dedih Wahyudin, mengatakan, terima kasih dan sangat mengapresiasi program SIMPELDESA yang sudah masuk ke wilayah Desa Bojong, walaupun baru masuk beberapa hari saja, masyarakat sangat menikmati dan di mudahkan dalam pelayanan.

” Bermitra dengan BUMDes, sistem aplikasi ini secara signifikan dapat memberikan keuntungan dan juga kemudahan bagi semua lapisan masyarakat di wilayahnya, ” ucap Dedih.

Penulis : kuswandi

Print Friendly, PDF & Email
  • Bagikan