News, NTT  

Banjir Desa Bena, Ribuan Ternak Warga Hilang

Banjir Desa Bena, Ribuan Ternak Warga Hilang

Ribuan Ternak Warga Desa Bena Hilang.

Liputan4.com, Soe-TTS


Banjir bandang yang melanda Dusun 4 Toinunuh,Desa Bena, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) tidak hanya membuat raturan warga mengungsi namun juga menyebabkan kerugian harta benda seperti rumah,hewan dan barang berharga lainnya.

Menurut laporan petugas keswan kepada Bupati TTS Egusem Pieter Tahun, terhitung Senin tanggal (12/4/2021) untuk desa Bena sapi yang hilang berjumlah 273 ekor,kambing 625,babi 727,dan ayam 927.

Sementara itu Desa Linamnutu sapi yang hilang 12 ekor,Kambing 45 ekor, ayam 165 ekor dan ini terhitung 36 KK yang terkena dampak kehilangan terdampak.

Bupati TTS,Egusem P.Tahun mengatakan akan terus melakukan pemantauan dan jika ditemukan bangkai akan segra dikuburkan.

Ia menghimbau masyarakat untuk tidak makan hewan yang sudah mati akibat banjir karna bisa menimbulkan persoalan baru.

Terkait langkah yang diambil,Bupati Epy mengatakan terus melakukan pendataan dan minta ternak yang masih tersisa untuk dilakukan vaksinasi.

“Saya minta hewan yang masih ada untuk divaksin. Sementara yang mati dan hilang akan terus dilakukan pendataan.
Fokus kita saat ini yakni bagaimana membuat masyarakat kembali ke rumah masing-masing dalam keadaan aman,tidak lapar dan tidak sakit”, ujarnya.

Sementara itu salah satu warga O. Bansole saat diwawancarai mengaku iklas dengan beberapa ternaknya hilang.
Ia mengatakan untuk saat ini dirinya lebih fokus akan pemulihan keadaan agar kampunya bisa kembali normal sehingga bisa beraktivitas sebagaimana mestinya.

“Tidak apa apa yang saya sudah selamat nanti baru cari lagi. Semoga keadaan ini cepat berakhir supaya kami bisa hidup normal seperti biasa”, ujarnya.