Asosiasi Pendidik Indonesia Lakukan Webinar dengan Tema “Sekolah New Normal”

Asosiasi Pendidik Indonesia Lakukan Webinar Dengan Tema &Quot;Sekolah New Normal&Quot;

LIPUTAN4.COM, MAUMERE | Asosiasi Pendidik Indonesia atau disingkat API melakukan webinar dengan Tema Sekolah di Era New Normal. Webinar ini dilakukan pada tanggal 16 Agustus 2020 selama 2 jam dari pkl. 09.00 s. d 11.00. Kegiatan yang diprakarsai oleh Prof. Dr. Ir. Dwi Sulisworo, MT ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan penulisan buku para pendidik dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Narasumber yg terlibat dalam kegiatan tersebut adalah Maria Ermilinda Dua Lering dari IKIP Muhammadiyah Maumere, NTT, Ratih Kusuma Dewi dari Universitas Abdulrahman Situbondo Jawa Timur, Widha Juli Martina dari SMPN Simpang Empat Kab. Banjar Kalimantan Selatan, Didit Haryadi dari SMK Amanah Husana Bantul, Yogyakarta.


Prof Dwi Sulsiworo saat dikonfirmasi mengutarakan jika  kegiatan Webinar kali ini kepanitiannya pun para penulis buku seperti moderator: winarti dari UIN
bagian Humas: Ratna Yunita (Unisa) dan Nur Fatimah (UAD) serta
Creative Design: Endra (UNIMUDA) Sorong. Bukan saja itu API juga bekerjasama dengan Lembaga Penerjemah Bahasa Isyarat Pusat yang kemudian mendelegasikan ke Lembaga Penerjemah Bahasa Isyarat Yogyakarta guna membantu para peserta webinar disabilitas.

Ia juga mengungkapkan jika kegiatan Webinar ini bertujuan untuk memperoleh diskripsi secara luas penerapan pembelajaran pada masa pandemi dari seluruh wilayah di Indonesia. Manfaatnya dapat saling berbagi pemahaman penerapan pembelajaran baik tantangan maupun peluangnya.

Ketika ditanyakan harapannya Prof Dwi mengatakan jika harapan adalah semangat bersama untuk berkolaborasi dalam mencari solusi-solusi kreatif bagi penyelenggaraan pendidikan pada situasi saat ini dan ke depan.

Salah satu narasumber asal NTT, Maria Ermilinda Dua Lering atau yg biasa disapa Ibu Marlin mengungkapkan jika ia senang bisa berbagi pengalaman  bersama para pendidik di Indonesia perihal kegiatan pembelajaran jarak jauh yg ia lakukan.

Sebaliknya ia pun bisa mengetahui dan menjadikan pengalaman pembelajaran jarak jauh yang dilakukan oleh para pendidik di daerah lainnya di Indonesia sebagai motivasi dan masukan pembelajaran jarak jauh yg akan dilakukan.

Sementara itu Widha Juli Martina Pendidik dan narasumber yang berasal dari Kalimantan Selatan mengatakan bahwa ia senang sekaligus bangga karena ini merupakan  sebuah pengalaman penuh makna dan ilmu didalamnya. Harapan semoga acara ini terus dilaksanakan sehingga memberikan ilmu dan informasi pendidik seluruh indonesia lanjutnnya.

Ungkapan senada diutarakan oleh Endra Putra Raharja atau yg biasa disapa Endra dari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong ia mengatakan jika Webinar Seminar Nasional dgn tema "Sekolah Era New Normal" ini menarik.

Jika pada umumnya Webinar mengahdirkan para pakar atau ahli, Webinar ini justru hadir lebih dekat dengan pemateri yang langsung dan benar-benar ada di lapangan, yaitu para guru dari berbagai daerah di Indonesia. Sehingga dari Webinar kali ini bisa melihat bahwa guru-guru yang ada di lapangan juga bisa bersuara memberikan cerita dan solusi menghadapi pembelajaran di era New Normal ini. "Saya bangga turut telibat menjadi bagian dalam Webinar kali ini," tutur Endra.

Editor: Kevin Jorge

[zombify_post]