AMS Pandeglang Dorong Anggotanya Lestarikan Terumbu Karang Pandeglang

Reporter: L4Banten Kategori: Banten, Serba-Serbi
  • Bagikan
AMS Pandeglang Dorong Anggotanya Lestarikan Terumbu Karang Pandeglang

Liputan4.com PANDEGLANG- Ketua Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Oji Fachruroji bakal mendorong anggotanya di kecamatan-kecamatan, khususnya yang berada di wilayah perairan laut untuk mendukung Gerakan Rehabilitasi Terumbu Karang (GRTK) yang digagas Forum Pelestari Terumbu Karang (FPTK) Banten.

“Kami dari AMS Pandeglang sangat mendukung GRTK yang digagas FPTK Banten dan akan mendorong anggota kami khususnya di kecamatan-kecamatan wilayah perairan laut untuk bersinergis dengan FPTK Banten dalam merehabilitasi atau merestorasi dan melestarikan terumbu karang,” katanya kemarin.

Dijelaskan, keberadaan terumbu karang, selain sebagai tempat tinggal dan berkembangbiaknya biota laut lainnya seperti ikan, sebagai sumber utama mata pencaharian nelayan, juga memiliki manfaat sebagai hutannya bawah laut.

“Terumbu karang selain menunjang pada sustainable atau keberlanjutan mata pencaharian masyarakat nelayan, juga menghasilkan oksigen bagi alam, karena pada dasarnya, terumbu karang adalah hutan bawah laut,” tandasnya.

Upaya Mitigasi Bencana
Disamping itu, tutur Oji, Terumbu karang dapat bermanfaat sebagai pelindung bagi ekosistem yang ada disekitarnya, misalnya pada ekosistem fungsi hutan bakau dan juga melindungi pantai dan daerah pesisir dari ombak besar.

Terumbu karang dapat memperkecil energi ombak yang menuju ke daratan yang dapat menyebabkan abrasi pantai dan kerusakan sekitarnya. Jelasnya.

“GRTK sama dengan melakukan upaya mitigasi bencana berbasis ekosistem. Ini sangat penting dilakukan, terutama pada wilayah-wilayah perairan yang memiliki tingkat potensi atau ancaman bencana yang tinggi,” tandas Oji.

Ia pun berharap, agar pemerintah dan seluruh stakeholders kebencanaan di wilayah Kabupaten Pandeglang agar aktif dalam GRTK. {Ton/HS}

Print Friendly, PDF & Email
Bagaimana Reaksi Anda?
Suka
0
Suka
Waww
0
Waww
Haha
0
Haha
Sedih
0
Sedih
Lelah
0
Lelah
Marah
0
Marah
  • Bagikan