9 Sifat Buruk yang Bikin Anda Gagal Jadi Pengusaha

Liputan4.com, New York – Banyak orang memiliki mimpi untuk membangun usahanya sendiri dan menjadi pengusaha sukses. Namun dalam perjalanannya ada yang berhasil, tak sedikit juga yang menemui kegagalan.

Kegagalan tersebut bisa jadi berasal dari diri Anda sendiri. Tidak peduli seberapa besar semangat Anda untuk membangun usaha, beberapa kebiasaan buruk yang Anda lakukan dapat membuat bisnis yang Anda bangkrut di tengah jalan.

Dikutip dari Business Insider, berikut 9 sifat buruk yang bisa membuat pengusaha jatuh dalam kegagalan:

1. Mencari alasan

Banyak orang gagal karena sering kali membuat alasan. Sementara, alasan yang paling umum orang gunakan ketika tak mampu mencapai tujuan ialah kehabisan waktu.

2. Suka menyalahkan orang lain

Setiap profesi apapun itu baik pengusaha, karyawan, dan pejabat ketika mereka gagal melakukan suatu usaha dan menyalahkan pihak lain, maka bisa dipastikan dia akan menjadi orang yang tak akan pernah berhasil.

3. Tidak jujur

Kecurangan merupakan bagian dari ketidakjujuran. Memuji seseorang untuk menyembunyikan kritik terhadap orang itu sama saja memperburuk keadaan.

4. Malas

Orang yang gagal adalah orang yang pemalas. Sering datang terlambat, tidak suka membaca, dan tidak suka bekerja keras itu sifat yang bisa membawa Anda ke jurang kegagalan.

5. Terlalu percaya diri

Percaya diri merupakan sifat yang diperlukan. Namun tentunya percaya diri memiliki batas tertentu. Hati-hati kegagalan seorang pebisnis seringkali diakibatkan oleh sifat ini.

6. Ragu dalam mengambil keputusan

Untuk mengambil keputusan diperlukan informasi sebanyak mungkin, namun jika terlalu lama dan mengambil banyak waktu dapat menghambat pekerjaan lainnya.

7. Tak punya tujuan jelas

Maju tidaknya sebuah perusahaan tergantung dari pemiliknya. Untuk itu pengusaha mesti memiliki visi yang nyata untuk memajukan sebuah perusahaan.

8. Sulit kerjasama

Pengusaha yang egois merasa mampu mengatur setiap aspek bisnis mereka. Padahal sebuah bisnis bakal leboh sukses jika memiliki tim kerja yang solid.

9. Tidak terorganisir

Pengusaha yang sukses akan mengatur kehidupan mereka yang sibuk. Mereka ciptakan sistem kerja yang baik untuk mereka sendiri. (Amd/Ndw)