2500 Bibit Pandan Laut Ditanam GMLS, PPC, KKPL BPBD dan TNI AL Lanal Banten di-Pesisir Cimangpang

Liputan4.com Lebak- Gugus Mitigas Lebak Selatan (GMLS) bersama TNI-AL Lanal Banten, BPBD Provinsi Banten, Persatuan Pemuda Cimangpang (PPC) dan Masyarakat Peduli Pantai dan Laut (KPPL) Melakukan Penanaman Pandan Laut (Pandanus Odorifer) untuk Benteng Pesisir Pantai mencegah terjadinya Abrasi.

MGLS bersama TNI-AL Lanal Banten, BPBD Provinsi Banten, PPC dan KPPL Hari ini Minggu (22/01/2023) pukul 10.00 Wib, melakukan kegiatan penanaman Pandan Laut di sepanjang pesisir pantai Cimangpang yang kurang lebih 350 bibit yang ditanam bersama – sama.


Abah Lala Ketua MGLS, saat ditemui awak media di sela – sela penanaman pandan laut mengatakan.

“Kami GMLS bersama dengan Persatuan Pemuda Cimangpang, Masyarakat Peduli Pantai dan Laut, BPBD Provinsi Banten dan Kepala Pos Militer (Posmil) TNI-AL Lanal Banten hari ini melakukan penanaman kurang lebih satu kilo meter dengan 2500 bibit Pandan Laut di sepanjang pesisir pantai Cimangpang,” jelasnya.

“Penanaman Pandan laut hari ini atas inisiatif bersama. ini bentuk kepedulian kami GMLS dan rekan – rekan untuk menjaga pesisir pantai dari terjadinya abrasi. Pandan laut adalah benteng penjaga pantai yang memiliki akar kokoh seperti cakar yang menancap dan mampu melawan terjangan ombak yang datang ke pesisir pantai, ” ungkapnya.

“Kegiatan penanaman pandan laut hari ini tanpa ada sponsor atau sumbangsih dari manapun. Kami GMLS dan rekan – rekan mengajak ke seluruh masyarakat untuk peduli dan menjaga pesisir pantai jangan sampai terjadi abrasi yang akan merusak keindahan pantai Cimangpang. Penanaman pandan laut terus akan kami lakukan bersama rekan – rekan di seluruh pesisir pantai yang ada di wilayah banten bagian selatan,” tegas Abah Lala.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Ditempat yang sama Serka Dadang selaku anggota Babinpotmar Pos Angkatan Laut (Posal) Lanal Banten mengatakan.

“Saya sebagai anggota TNI-AL Lanal Banten memberikan apresiasi dan bangga atas kepedulian masyarakat dengan Penanaman Pandan Laut di pesisir Pantai Cimangpang yang dilakukan oleh GMLS, PPC, Masyarakat Peduli Pantai Laut dan BPBD Provinsi Banten. Dengan penanaman Pandan Laut hari ini minimal upaya dini warga masyarakat agar tidak terjadi Abrasi telah dilakukan,” ujar Serka Dadang.

Senada dengan Abah Lala dan Serka Dadang,Kejod selaku Ketua Persatuan Pemuda Cimangpang mengatakan.

“Sudah lama kami Persatuan Pemuda Cimangpang ingin adanya kegiatan seperti ini. Kami atas nama seluruh anggota PPC memberikan apresiasi setinggi – tingginya kepada Abah Lala yang mengajak kami ikut serta dalam kegiatan penanaman Pandan Laut hari ini,” ucapnya.

Irfan Budiono selaku Ketua MPPL dan juga salah satu mahasiswa semester enam Fakultas Pertanian dan perikanan dari Unversitas Sultan Ageng Tirtayasa mengungkapkan.

“Saya selaku warga masyarakat dari wilayah Desa Situregen Kecamatan Cihara merasa bangga dapat ikut serta menanam Pandan Laut hari ini. Apresiasi sebesar – besar saya berikan kepada Abah Lala Ketua GMLS sebagai motivator dan guru, saya untuk lebih peduli lagi kepada lingkungan khususnya Pesisir Pantai yang ada di Kabupaten Lebak bagian selatan,” ucapnya.

“Harapan saya sebagai warga masyarakat dan komunitas Masyarakat Peduli Pantai dan Laut Kecamatan Cihara berkeinginan agar penanaman pandan laut terus berkelanjutan di seluruh pesisir pantai dari Cibareno hingga Cihara,” tutupnya.(dedih/Hs)