107 Kendaraan di Depok Terjaring Operasi Patuh Jaya, Mayoritas Knalpot Bising

107 Kendaraan Di Depok Terjaring Operasi Patuh Jaya, Mayoritas Knalpot Bising

DEPOK, Liputan4.com | Sebanyak 107 kendaraan terjaring razia Operasi Patuh Jaya 2021 di Depok, Jawa Barat. Ratusan kendaraan itu ditilang karena kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas berupa knalpot bising hingga penggunaan pelat nomor yang tidak sesuai peruntukan.

Sementara ada 107 kendaraan yang ditilang dan yang paling banyak ditemukan yakni pelanggaran knalpot bising,” ujar Kasat Lantas Polres Metro Depok Ajun Komisaris Besar Muhammad Andi Indra Waspada, saat dikonfirmasi, Selasa, 28 September 2021.
Andi menjelaskan, 107 kendaraan yang ditilang itu antara lain 81 kendaraan karena menggunakan knalpot bising, 10 kendaraan balap liar, sembilan karena penggunaan lampu strobo, dan tujuh kendaraan pelanggaran TNKB atau pelat nomor yang tidak sesuai peruntukan.


Selain itu, Andi mengungkapkan pihaknya bekerja sama dengan Satuan Intelkam dan Satuan Sabhara memantau pergerakan kendaraan yang menggunakan plat khusus tidak sesuai peruntukan. Pelat khusus atau pelat rahasia itu contohnya yang berakhiran RFP, QH, QZ.
“Jadi petugas akan menindak yang menggunakan pelat nomor rahasia atau khusus dan tidak sesuai peruntukan,” ungkap Andi.
Tilang kepada kendaraan pribadi yang menggunakan lampu strobo, pelat khusus, hingga knalpot bising merupakan salah satu fokus polisi dalam Operasi Patuh Jaya 2021. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya juga turut menyasar kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot bising.

Dalam Operasi Patuh Jaya 2021, Polda Metro Jaya mengerahkan 3.070 personel yang terdiri dari 1.391 personel Satgasda dan 1.679 personel Satgasres. Pelaksanaan operasi ini adalah 14 hari sejak 20 September 2021 hingga 3 Oktober 2021.

(Frd)