x

Terima Kasih Atas Bantuan yang Diberikan, Pak Bobby

waktu baca 3 menit
Jumat, 22 Des 2023 21:19 0 131 JONI BARUS

Medan, Liputan 4.com-
Rona kegembiraan terpancar jelas dari wajah ratusan warga yang berkumpul di Lapangan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Medan Jalan Chaidir, Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Jumat (22/12). Sebab, pagi menjelang siang itu mereka menerima Simbolis Asuransi Nelayan (Kartu BPJS Ketenagakerjaan), Sertifikat Pelatihan Basic Safety Training (BST) dan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah (BP-CBP) dari Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Saking gembiranya, warga yang didominasi kaum ibu tersebut tidak mempedulikan lagi hujan deras yang mengguyur lokasi tempat penyerahan tersebut. Sebab, bantuan yang diberikan menantu Presiden Joko Widodo itu dinilai sangat bermanfaat bagi warga yang umumnya berprofesi sebagai nelayan tersebut.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan, Pak Bobby. Semoga bapak senantiasa diberi Allah SWT kesehatan dan kekuatan. Sukses selalu ya, Pak Bobby,” teriak salah seorang ibu gembira dan penuh suka cita usai menyaksikan Bobby Nasution menyerahkan bantuan secara simbolis kepada sejumlah warga tersebut.

Dalam acara yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan tersebut, Bobby Nasution memberikan Asuransi Nelayan (Kartu BPJS Ketenagakerjaan) kepada 2.500 orang nelayan. Kemudian, menyalurkan BP-CBP kepada 81.538 warga penerima manfaat dan sertifikat pelatihan Basic Safety Training (BST) kepada 24 orang anak nelayan tersebut.

Dalam sambutannya, Bobby Nasution menjelaskan, bantuan yang diberikan ini sebagai upaya Pemko Medan untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh warga, termasuk semua profesi yang ada. “Melalui kegiatan ini, kami ingin memastikan masyarakat dapat tersentuh meski tidak seluruhnya karena keterbatasan wewenang dan anggaran,” kata Bobby Nasution.

Di hadapan Kadis Kelautan dan Perikanan Sumut Hamdan Sukri Siregar, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Kota Medan Ahmad Ridloudin, Wakil Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Sumut M Riyadh, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan Gelora KP Ginting dan Camat Medan Labuhan Khairun Nasyir Tambusai, Bobby Nasution memaparkan, pemberian Asuransi Nelayan (Kartu BPJS Ketenagakerjaan) ini sebagai salah satu wujud untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tujuan pemberian kartu ini untuk menjamin para nelayan merasa lebih aman dan nyaman saat melakukan aktivitasnya dalam menangkap ikan. Artinya, para nelayan yang mendapatkan kartu ini telah dicover untuk jaminan kecelakaan kerja maupun jaminan kematian saat para nelayan menjalankan profesinya menangkap ikan,” ungkapnya.

Terkait dengan pemberian BP-CBP, orang nomor satu di Pemko Medan ini menjelaskan, guna membantu warga penerima manfaat sekaligus menangani kerawanan pangan, kemiskinan, gizi buruk sekaligus mengendalikan dampak inflasi.

“Sedangkan pemberian sertifikat pelatihan BST dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas anak nelayan. Sebelumnya, mereka telah dibekali pengetahuan dasar-dasar keselamatan kerja sehingga dapat bertindak dan menghindari bahaya ketika nanti bekerja di laut,” terangnya seraya menambahkan Pemko Medan akan terus berupaya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat.

Usai memberikan bantuan, Bobby Nasution selanjutnya memberikan sejumlah pertanyaan terkait ikan dengan jawaban yang humoris. Bagi ibu-ibu yang dapat menjawab pertanyaan, suami Ketua TP PKK Kota Medan ini menyediakan handphone atau sepeda. Tawaran itu pun langsung disambut antusias ibu-ibu yang hadir. Dari tiga orang yang berhasil menebak, mereka umumnya minta hadiah handphone.

Sebelumnya, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan Gelora KP Ginting menjelaskan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk memberikan jaminan perlindungan sosial bagi para nelayan Kota Medan. “Ada sebanyak 2.500 nelayan yang diberikan Asuransi Nelayan (Kartu BPJS Ketenagakerjaan),” jelas Gelora.

Tidak hanya Asuransi Nelayan, jelas mantan Kabag Ortala dan Camat Medan Tuntungan ini, juga diberikan sertifikat pelatihan BST kepada 24 orang anak nelayan serta penyerahan BP-CBP kepada 81.538 warga penerima manfaat. “Semoga bantuan yang diberikan Pak Wali ini dapat membantu dan meningkatkan kesejahteraan para nelayan beserta keluarganya,” harap Gelora.(JB)

Bupati Konawe

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
HARI KARTINI
ULTAH PULAU TALIABU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x