SMK Negeri 1 Pabelan Menjadi  Tuan Rumah Porsengukar  SMK Se-Kabupaten Semarang 2022

Smk Negeri 1 Pabelan Menjadi  Tuan Rumah Porsengukar  Smk Se-Kabupaten Semarang 2022

Smk Negeri 1 Pabelan Menjadi  Tuan Rumah Porsengukar  Smk Se-Kabupaten Semarang 2022
LIPUTAN4.COM, Kabupaten Semarang– SMKN 1 Pabelan menjadi tuan rumah dalam perhelatan akbar Pekan Olahraga dan Seni Guru dan Karyawan (Porsengukar) Sekolah Menengah Kejuruan seKabupaten Semarang. Sebuah kebanggan SMKN 1 Pabelan dipercaya sebagai tempat pelaksanaan Porsengukar tahun 2022. Dimana SMKN 1 Pabelan merupakan sekolah menengahkejuruan negeri dilingkup Kabupaten Semarang, yang secara geografis berada di sebelah ujung perbatasan antara Kabupaten Grobokan dan Kabupaten Boyolali. Tepatnya di Desa Sumberejo Kecamatan Pabelan. Kegiatan tersebut diadakan pada Sabtu, 24 September 2022. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diprakarsai oleh tim Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kabupaten Semarang. Sebelumnya, kegiatan ini vakum hampir kurang lebih dari dua warsa, yang disebabkan oleh adanya pandemi wabah Covid-19.

Kegiatan tersebut terakhir dilaksanakan pada tahun 2019 yang mana saat itu SMK Negeri H Moenadi Ungaran menjadi tuan rumah. Kegiatan yang diikuti oleh 42 sekolah menengah kejuruan dengan jumlah peserta kurang lebih seribu orang. Secara resmi kegiatan ini dibuka oleh Bapak Sunarto, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Cabang Dinas Wilayah I Provinsi Jawa Tengah. Dalam kesempatannya, beliau memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Tim MKKS sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Semarang Serasi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kekaguman atas kekompakan dan kerja keras rekan-rekan kepala sekolah menengah kejuruan di bumi Serasi. “Selama saya diamanahi menjadi Kepala Cabdin, saya sudah berkeliling kebeberapa kabupaten/ kota, akan tetapi baru di Kabupaten Semarang ini ada kegiatan yang sangat luar bisa, yang mana melibatkan semua guru dan karyawan baik negeri maupun swasta” jelasnya.


Smk Negeri 1 Pabelan Menjadi  Tuan Rumah Porsengukar  Smk Se-Kabupaten Semarang 2022
Beliau juga mengapresiasi dan sangat bangga kepada SMK Negeri 1 Pabelan yang telah menjadi tuan rumah yang telah mempersiapkan sedemikian rupa semua kebutuhan dari mulai tempat sampai atribut yang berkaitan dengan jenis lomba. Beliau juga menambahkan “Selain sebagai ajang menjalin silaturahim guru dan karyawan Kabupaten Semarang, ternyata kegiataan ini juga dapat memberikan nilai plus dalam peluang bisnis dadakan seperti berjualan di sekitar lingkungan sekolah dan menyediakan area parkir bagi tamu. Di sepanjang jalan banyak sekali saya temui masyarakat lokal menjajakan dagangan khas daerah Pabelan. Ini sangat luar biasa sekali” ujarnya di sela-sela sambutan resminya. Tidak lupajuga beliau mengingatkan agar selalu menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding. Sambutan di akhiri dengan kegiatan simbolis pemotongan pita, sebagai tanda kegiatan Porsenigukar 2022 Kabupaten Semarang resmi dimulai.

Sebelum dibukanya lomba, ada perfom dari anak-anak berbakat SMKN 1 Pabelan yaitu X Sabel Band yang membawakan salah satu lagu dari band papan atas Pasband dengan judul Jengah, sebagai sambutan sekaligus pemberikan semangat bagi peserta lomba yang akan berkompetisi. Kemudian peserta diajak bersenam ria terlebih dahulu guna peregangan otot. Senam bersama dipandu oleh instruktur dari salah satu panitia yaitu tim guru MGMP Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK). Event yang mengusung tema Cabdin Siji Seneng Bareng ini terdapat beberapa cabang olahraga yang diperlombakan, di antaranya Voli (putra/ putri), tenis meja (tunggal putra/ putri dan ganda campuran), pentaque, senam kreasi, dan ada pula cabang olahraga tradisional yaitu plintengan dan gobak sodor. Hal yang paling menarik pada pekan olahraga yang diadakan di SMKN 1 Pabelan, terdapat cabang olahraga kearifan lokal yaitu cabor plintengan. Walaupun cabor tersebut belum masuk bagian dari KONI, namun cabortersebut menjadi olahraga yang banyak diikuti oleh peserta lomba Porsenigukar.
Selain dapatmelatih ketangkasan dan ketepatan dalam membidik, cabang olahraga tersebut membawa nostalgia di masa kecil dulu. “Saya sangat senang dan berkesan sekali mengikuti plintengan ini, sebab mengingatkan masa kecil dulu. Dan cabang olahraga sebelumnya belum ada pada Porsenigukar sebelumnya. Ya jadi saya coba ikut, kayaknya menarik” Jelas salah satu peserta cabor plintengan saat ditemui pada sela-sela lomba. Cabang olahraga tersebut bekerjasama dengan komunitas plintengan Serasi Kabupaten Semarang. Selain beberapa cabang olahraga, terdapat pula cabang seni yang baru pertama kali ada pada kegiatan Porsenigukar tahun 2022 ini yaitu seni karaoke.

Cabang ini sangat meriah, terlihat dari antusiasme peserta yang ikut serta guyub meramaikan seni karaoke tersebut. Tim Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) SMKN 1 Pabelan yang dinamai Tim Kabel (Kewirausaahn SMKN 1 Pabelan) juga memanfaatkan momen yang sangat langka ini. Dilihat banyak berdiri stan-stan yang meyuguhkan berbagai olahan makanan dan produk kreasi lainnnya. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan memantik jiwa wirausaha bagi siswa siswi SMKN 1 Pabelan. sebagaimana disampaikan oleh pembimbing sekaligus tim PKK SMKN 1 Pabelan “Kita mencoba membuat stan-stan seperti ini, untuk nantinya kita mencari peluang pada momen langka ini. Selain melatih siswa kita mengakomodir konsumsi bagi peserta lomba juga” jelas salah satu pembimbing PKK SMKN 1 Pabelan.

Berbagai produk ditawarkan disini, seperti makanan besar, minuman, dan jajanan pasar, yang mana dari hasil kreatif siswa siswi SMKN 1 Pabelan khususnya jurusan Tata Busana dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Ada pula produk dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor yang menjajakan produk mereka yaitu semir ban yang tidak kalah berkualitas dengan semir ban produksi pabrikan. Pengadaan stan dari TIM PKK juga tidak terlepas dari dukungan dan dorongan Ibu Tutik Mardining Lestari, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMKN 1 Pabelan. “Harapan kita anak-anak yang belajar di sini (SMKN 1 Pabelan), setelah lulus belajar dari sini tidak hanya tinggal diam di zona nyaman saja.

Smk Negeri 1 Pabelan Menjadi  Tuan Rumah Porsengukar  Smk Se-Kabupaten Semarang 2022
Suatu saat mereka memiliki karakter interpreuner dan menjadi insan wirausahawan yang gigih dan dapat mencari peluang bisnis. Apalagi menghadapi eraglobalisasi yang penuh tantangan ini” jelasnya saat ditemui di tengah-tengah acara Porsenigukar. Porsenigukar kali ini berlangsung sampai pukul 20.00 WIB dengan berbagai macam final pada masing cabor. Yang menghasilkan beberapa kejuaraan di antaranya pada cabang bola voli putera juara 1 diraih oleh SMKN H Moenadi Ungaran, juara 2 SMKN 1 Pringapus, juara 3 Bina Nusantara. sedangkan pada voli puteri juara 1 dapat direbut oleh SMK Muhammadiyah Susukan, Juara 2 diperoleh SMK Widya Praja Ungaran, dan juara 3 SMKN 1 Tengaran. Untuk cabang olahraga tenis meja juara 1 diraih oleh SMKN 1 Bawen, juara 2 SMK Tunas Harapan, dan juara 3 SMKN 1 Tengaran. Pada cabang seni senam kreasi dimenangkan oleh SMKN 1 Tengaran sebagai juara 1, juara kedua direbutkan oleh SMKN 1 Bawen, dan juara 3 SMKN 1 Pringapus.

Pada seni karaoke juara 1 diraih oleh SMK Bina Nusantara, juara 2 SMK Muhammadiyah Susukan, sedang juara 3 diraih oleh SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. Cabang olahraga tradisional gobak sodor SMKN 1 Tengaran berhasil merai juara 1, diikuti oleh SMKN 1 Bawen sebagai juara 2 dan SMKN 1 Bancak juara 3. Tidak kalah menarik perhatian pada cabang olahraga pentaque yang dikhusus untuk kepala sekolah SMK dimenangkan oleh SMKN 1 Bawen sebagai juara 1, juara 2 diperoleh SMK Tunas Harapan, dan juara 3 SMKN 1 Tengaran.