x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Rutan Kelas I Medan, gelar Konseling Rehabilitasi Program Upaya Preventif Penyalahgunaan Narkoba

waktu baca 2 menit
Selasa, 27 Jun 2023 03:10 0 449 ABDI SUMARNO

Sumut. Liputan4.Com – Rutan Kelas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumut Melaksanakan Kegiatan Konseling Rehabilitasi Dalam Rangka Program Upaya Preventif Penyalahgunaan Narkoba Dan Kegiatan Pembelajaran Serta Penyuluhan Tentang Kesehatan Di Paviliun Fatmawati, Senin (26/06/2023)

Konseling merupakan bagian penting dalam mengobati penyalahgunaan narkoba. Konseling yang dilakukan oleh konselor terhadap pengguna narkoba dalam rehabilitasi akan membantu si pengguna mengenali masalah atau perilaku yang memicu ketergantungan tersebut.

Hari ini Rumah Tahanan Negara Kelas I Medan melaksanakan program kegiatan Konseling yang diperuntukkan bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan tindak pidana Narkotika.

Karutan Kelas I Medan Nimrot Sihotang A.md, I.P, S.H, M.H., Melalui Kasi Pelayanan Tahanan, David Nicolas menyampaikan “ kegiatan ini bertujuan untuk membantu program pemulihan, memulai kembali perilaku hidup sehat, serta menghadapi situasi yang berisiko penggunaan narkoba kembali terulang” ujarnya

“sebagai konselor mempunyai tanggung jawab untuk memahami bagaimana kecanduan narkoba pada seseorang secara keseluruhan, sekaligus memahami lingkungan sosial yang ada di sekitarnya untuk mencegah terulangnya penyalahgunaan narkoba”. Imbuhnya.

Secara terpisah, tidak hanya melaksanakan kegiatan konseling rehabilitasi, kegiatan ini ditambah dengan pembelajaran serta penyuluhan tentang kesehatan bagi para warga binaan.

Petugas Kesehatan Rutan Kelas I Medan dr. Sakti Siregar memberikan pembelajaran dan penyuluhan tentang kesehatan terkait bahaya adiksi Narkoba bagi kesehatan tubuh. Narkoba berpengaruh pada kerja otak, narkoba bisa mengubah suasana perasaan, cara berpikir, kesadaran dan perilaku pemakainya. Itulah sebabnya narkotika disebut zat psikoaktif. Ada beberapa macam efek narkoba pada otak, seperti menghambat kerja otak, yang disebut depresansia, hal ini akan menurunkan kesadaran sehingga timbul rasa kantuk

Dalam kesempatan terlihat petugas kesehatan memberikan pembelajaran secara dua arah saling tanya jawab terkait materi yang disampaikan.

“ada yang bisa jawab apa itu halusinasi ?” tutur dr. Sakti
“saya pak. halusinasi itu seperti contoh didepan kita ada seorang cewek, tetapi sebenarnya tidak ada pak”, jawab peserta.

Harapannya kegiatan – kegiatan yang di laksanakan dapat diikuti dengan serius oleh peserta program rehabilitasi yang berada di Paviliun Rehabilitasi yaitu Paviliun Fatmawati.(Abdi)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x