x

Dirut BPJS Kesehatan Pastikan Layanan JKN di Klinik Delima Sleman Berjalan Optimal

waktu baca 4 menit
Senin, 25 Mar 2024 04:50 0 57 RIO ARDIAN

SLEMAN (D.I. YOGYAKARTA), LIPUTAN4.com – Untuk memastikan pelayanan kesehatan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berjalan dengan baik, Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Ghufron Mukti mengunjungi Klinik Delima di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat 15 Maret 2024 lalu, dia ingin melihat secara langsung penerapan Janji Layanan JKN di fasilitas kesehatan sehingga peserta mendapatkan layanan yang mudah, cepat, dan setara.

Ghufron menuturkan, pelayanan di FKTP merupakan peran penting dalam penyelenggaraan Program JKN, sehingga perlu dilakukan kunjungan langsung untuk memastikan semuanya berjalan sesuai alur layanan kesehatan.

“FKTP merupakan garda terdepan, sehingga wajib melaksanakan Janji Layanan JKN. Salah satunya seperti tidak perlu meminta fotokopi berkas kepada peserta JKN yang berobat. Cukup menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Digital pada Aplikasi Mobile JKN,” ujarnya, dalam keterangan tertulis,  Selasa 19 Maret 2024.

Didampingi Deputi Direksi Wilayah VI BPJS Kesehatan, Mulyo Wibowo, Ghufron menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan telah mengembangkan beragam inovasi untuk memberikan kemudahan akses layanan bagi peserta JKN.

Salah satunya adalah Aplikasi Mobile JKN yang sudah terbukti memberikan manfaat bagi peserta JKN, untuk memenuhi kebutuhan akan layanan yang mudah, cepat, dan setara. Ia berharap, seluruh peserta JKN dapat memaksimalkan pemanfaatan aplikasi ini.

“Kami mengapresiasi implementasi antrean online di Klinik Delima yang sudah terintegrasi dengan Aplikasi Mobile JKN. Dengan itu semua, diharapkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN juga semakin meningkat dan berkualitas. Mari bersama-sama menciptakan layanan JKN yang mudah, cepat, dan setara tanpa diskriminasi, sehingga manfaat Program JKN ini semakin dirasakan masyarakat secara optimal,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ghufron menjelaskan, banyak kemudahan yang dirasakan peserta ketika mengakses Aplikasi Mobile JKN.

Dalam satu genggaman melalui handphone, peserta dapat mendapatkan berbagai informasi dan layanan seperti informasi peserta, ubah data diri, layanan konsultasi online, kartu digital, hingga pengaduan keluhan.

Kemudahan akses ini diperuntukan tidak hanya untuk memudahkan tersampainya informasi kepada peserta namun peserta juga   dapat   melakukan   komunikasi   dengan   dokter   melalui   layanan konsultasi online dokter.

“Saya berharap, seluruh fasilitas kesehatan juga turut aktif mengedukasi peserta dan masyarakat yang berobat untuk memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN,” ucapnya.

Pada kunjungan tersebut, Ghufron berkesempatan diskusi dengan Fahma, salah satu peserta JKN yang mendapatkan layanan persalinan normal di Klinik Delima.

Warga Dusun Gowok, Kelurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman ini mengaku telah merasakan kemudahan Program JKN dan memberikan testimoni positif terhadap layanan di Klinik Delima. Menurutnya, pelayanan di Klinik Delima sudah baik, mulai dari konsultasi, periksa kehamilan, hingga proses persalinan secara normal berjalan dengan lancar.

“Kami bersyukur dan merasa senang sekali karena proses kelahiran anak pertama diberikan kemudahan dan kelancaran. Apalagi, tidak ada tambahan biaya yang harus dikeluarkan,” katanya.

Fahma mengaku sering memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN ketika harus berobat ke fasilitas kesehatan.

Menurutnya, aplikasi ini sangat membantu dan memberikan kemudahan untuk mendapatkan berbagai informasi dan layanan kesehatan. Ia berharap layanan JKN terus berkesinambungan karena sudah terbukti memberikan banyak manfaat bagi masyarakat khususnya peserta JKN.

“Saya sendiri telah merasakan kemudahannya baik dari akses informasi, layanan konsultasi, hingga proses pemeriksaan kesehatan sangat mudah. Semoga fitur yang ada di Aplikasi Mobile JKN terus disempurnakan oleh BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan dan Klinik Delima terus memberikan pelayanan terbaik dan memberikan kemudahan bagi peserta JKN,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Klinik Delima Dini Melani mengatakan, Klinik Delima akan selalu berkomitmen untuk menjaga kualitas layanan kesehatan serta tidak melakukan fraud dalam memberikan layanan kepada peserta JKN.

“Kami atas nama Dewan Direksi dan Manajemen Klinik Delima mengucapkan terima kasih kepada Direktur BPJS Kesehatan beserta jajaran yang telah berkunjung langsung ke Klinik Delima untuk memastikan layanan JKN,” terangnya.

“Kami selalu siap membantu BPJS Kesehatan terkait informasi tentang prosedur layanan JKN dan mensosialisasikan kepada peserta JKN terkait Aplikasi Mobile JKN,” imbuh Dini. ***

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x