x

Poktan Hegarmanah Desa Panenjoan Bangun Sumur Dangkal Bantuan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung

waktu baca 2 menit
Selasa, 6 Des 2022 07:45 0 379 Redaksi

LIPUTAN4.COM, BANDUNG, – Kampung Pamoyanan RT. 04 RW. 01 Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dikenal dengan lahan sawah tadah hujan. Apalagi ketika memasuki musim kemarau, lahan sawah sangat sulit mendapatkan pasokan air.

Mencermati hal tersebut, kelompok tani Hegarmanah yang dibantu penyuluh pertanian melakukan koordinasi dengan pemerintah desa panenjoan serta beberapa pihak terkait berupaya mencari solusi yang tepat agar permasalahan sulitnya memperoleh air ketika musim kemarau untuk menanam padi bisa teratasi.

Pengajuan sumur dangkal ke Dinas Pertanian Kabupaten Bandung menjadi opsi terbaik mengatasi masalah ini, mengingat air sangat dibutuhkan untuk kegiatan pertanian di wilayah tersebut.

Dengan bantuan dana dari pemerintah melalui Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, pembangunan sumur dangkal tersebut dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok tani Hegarmanah. Kegiatan tersebut terlaksana mulai bulan Agustus – Desember tahun 2022.

Dengan pembangunan sumur dangkal tersebut, diharapkan petani tidak lagi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air terutama di musim kemarau dalam bercocok tanam. Karena keberadaan sumur dangkal dapat di manfaatkan dengan optimal oleh para petani dibawah kelompok tani hegarmanah.

Hal ini seperti yang di sampaikan ketua kelompok tani hegarmanah, Miskah, kepada awak media liputan4.com. ” Alhamdulillah hasil perjuangan yang di bantu banyak pihak, mulai dari penyuluh dan juga pemerintah desa panenjoan, untuk pengajuan sumur dangkal bagi kelompok tani kami telah terealisasi, ” ucap Miskah, Senin ( 05/12/2022).

Lanjut Miskah, mulai bulan Agustus kemarin proses pengeboran sudah dimulai, tetapi karena terkendala biaya yang masih belum turun maka pengerjaan nya di hentikan terlebih dahulu, sampai kami menunggu pencairan dari Dinas Pertaniannya.

Sampai akhirnya, kata Miskah, saat ini pengerjaan sumur dangkal mulai kembali di lanjutkan setelah di akhir bulan November ini kami menerima pencairan anggaran dari dinas pertanian.

” Kami sangat berterima kasih pada dinas pertanian, pemerintah desa panenjoan, penyuluh, dan pihak-pihak yang telah banyak membantu terealisasi nya bantuan sumur dangkal bagi kelompok tani kami, ” ungkapnya.

Saya berharap, setelah pembangunan sumur dangkal ini, para petani bisa menjaga dan merawatnya dengan baik, sehingga sarana bantuan ini bisa tetap terjaga manfaat nya untuk pertanian di wilayah kelompok tani Hegarmanah. Serta bisa menjaga dan meningkatkan hasil pertanian karena lahan pertanian akan tetap bisa teraliri pasokan air yang cukup dari sumur dangkal ini ketika memasuki musim kemarau, ” pungkasnya.

Penulis : kuswandi

Berita dengan Judul: Poktan Hegarmanah Desa Panenjoan Bangun Sumur Dangkal Bantuan Dinas Pertanian Kabupaten Bandung pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Kuswandi Alias akuy

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x