x

Mahasiswa Kukerta UNRI melakukan pengupayaan peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Gunung Toar,

waktu baca 2 menit
Senin, 18 Sep 2023 13:07Ekonomi Bisnis 0 54 SULMADRI

Gunung tiar -.Kuansing -.
Lioutan4. Com. Senin/18/92023.

Guna meningkatkan ketahanan perekonomian di Indonesia, Mahasiswa Kukerta UNRI melakukan pengupayaan peningkatan ekonomi masyarakat di Desa Lubuk Terentang, Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau melalui pemberdayaan UMKM dengan membuat tas dari sampah plastik.

Pada tanggal 10 Agustus 2023, telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi peningkatan perekonomian masyarakat di desa Lubuk Terentang dengan membuat tas dari kantong plastik bersama dengan Ibu-Ibu PKK di Desa Lubuk Terentang. Sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat dapat melakukan peningkatan perekonomian melalui UMKM dan dapat memanfaatkan sampah plastik yang biasanya menjadi masalah pada lingkungan.
Kegiatan ini sejalan dengan kegiatan anggota PKK dalam melaksanakan temu mingguan dengan sesama anggota dalam upaya meningkatkan silatuhrahmi dengan sesama anggota PKK.

Tim KKN UNRI Bangun Kampung meliputi Aldi Okta Bela (FAPERTA), M. Dwi Putro Nugroho (FKIP), Abdul Hamidy Ramadhan (FKIP), Mustika Indah Bestari (FKIP), Piddinina Andriana (FISIP), Piddini Andriani (FKIP), Aulia Ayu Pramesti (FKIP), Saskia Pinasthika (FISIP), Niken Andini (FISIP), dan Rani Alvira Aisyah (FKIP).

Anggota PKK Desa Lubuk Terentang Yurhalis, memaparkan permasalahan perekonomian di Desa Lubuk Terentang cukup stabil. Namun, perlu ada peningkatan seperti UMKM karena masih banyak masyarakat belum mengetahui alur UMKM bagi perekonomian. Ulasnya singkat, kegiatan ini dapat menjadi jembatan bagi masyarakat dalam mengembangkan perekonomian di Desa Lubuk Terentang.
“Kami sangat senang akan adanya kegiatan ini yang dilakukan mahasiswa UNRI, kegiatan ini sangat membantu dalam kesadaran masyarakat untuk peningkatan perekonomian.” Ujarnya.

Langkah dalam peningkatan ketahanan ekonomi di Desa Lubuk Terentang salah satunya adalah meningkatkan kualitas diri, mengelola sumber daya alam dengan baik, mengembangkan inovasi, memelihara sarana dan prasarana negara, serta peningkatan UMKM.

Sulmadri S,P

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x
x