x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Ikatan Guru Indonesia (IGI) Pulau Taliabu Gelar Webinar Digitalisasi Asessmen Lewat Quizizz

waktu baca 3 menit
Sabtu, 8 Jun 2024 18:17 0 249 Redaksi

MALUKU UTARA, PULAU TALIABU – Ikatan Guru Indonesia (IGI) Pulau Taliabu, menggelar kegiatan Webinar dengan tema “Digitalisasi Asessmen Lewat Quizizz” Via daring (Dalam Jaringan) di Google Meet pada Senin, 3 Juni 2024.

Diketahui, tujuan utama dari kegiatan ini adalah berfokus pada peningkatan kompetensi guru, yang pada akhirnya akan berdampak pada murid-murid di sekolah.

Mushawwir, selaku Ketua IGI Pulau Taliabu mengatakan bahwa para peserta yang mengikuti webinar ini terdiri dari para guru, yang dibuka dan didukung oleh Balai Guru Penggerak (BGP) dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP).

“Pesertanya terdiri dari para guru yang dibuka oleh Balai Guru Penggerak (BGP) Maluku Utara, kemudian didukung oleh Balai BPMP Maluku Utara,” ucapnya beberapa hari yang lalu.

Kata Mushawwir, bahwa minimal ada tiga manfaat yang diperoleh pada webinar kali ini yakni, asessmen menggunakan quizizz dianggap efektif dilakukan karena meminimalisir tindakan kecurangan peserta didik didalam melakukan asessmen karena bentuk soal bisa dirandom/acak. Kemudian, asessmen menggunakan quizizz dianggap efisien karena pemeriksaan jawaban peserta didik sudah terekap otomatis sehingga guru tidak perlu lagi merekap secara manual seperti selama ini, dan selanjutnya bernilai ekonomis karena tidak perlu lagi fotokopi ataupun memprint soal ketika asessmen

Lebih lanjut, Mushawwir menyatakan bahwa secara umum kegiatan kedepannya akan mengacu pada proyeksi pendidikan abad-21. Dimana, terdapat tiga hal yang dibahas antara lain :

1. Pengembangan karakter.
Dalam pengembangan karakter, pengajar secara berkolaborasi diberikan pengenalan dan penguatan untuk memahami karakter profil pelajar pancasila sehingga dapat diaplikasikan di sekolah masing-masing.

Terdapat dua macam penguatan karakter, karakter Moral, dimana hal ini didapatkan melalui interaksi ibadah dan karakter kinerja, seperti kerja teratur, kerja tuntas dan sebagainya.

2. keterampilan
Keterampilan Abad-21 mengacu pada istilah Critical Thingking dan Creatifity, yaitu kemampuan berpikir kritis dan berkreatifitas dalam menelaah serta menganalisa suatu masalah. Selain itu juga, komunikasi dan Kolaborasi yang perlu dikembangkan yang mengacu pada kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain secara efektif dalam berbagai konteks, baik secara langsung maupun virtual.

3. Pengembangan Literasi
Dalam pengembangan literasi tidak hanya mengacu pada kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dari berbagai sumber.

Mushawwir berharap agar para guru di Pulau Taliabu terus memupuk kolaborasi untuk membangun kompetensi bersama serta berharap kepada siswa/i SMA Negeri 1 Pulau Taliabu untuk menjadi mitra didalam mengekspos kegiatan IGI dengan mendukung serta membuka ruang kepada siswa/i agar dapat berkembang.

“Pertama harapan saya, para guru di pulau taliabu dapat berkolaborasi dengan kami membangun kompetensi dari guru. Kedua, untuk siswa/i SMA 1 tentu ini menjadi awal kerja sama. Artinya, untuk kedepannya kami dari IGI membuka ruang untuk adik-adik untuk meliput semua yang ada di IGI Pulau Taliabu, Baik dalam bentuk luring maupun daring” tutupnya.

Sebagai informasi tambahan, webinar ini juga menghadirkan salah satu tokoh penggerak yakni Ade Israwati sebagai narasumber. Ia merupakan tenaga pendidik (Guru) di SMP Negeri 1 Taliabu Barat, yang berpengalaman dalam menggunakan Quizizz dalam proses belajar mengajar.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x