Kurban Membangun Rasa Empati dan Kepedulian

Kurban Membangun Rasa Empati Dan Kepedulian
Langkat-
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat H Syah Afandin SH bersama Plt Ketua TP PKK Langkat, Hj Endang Syah Afandin melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Raya Pangkalan Brandan, Kecamatan Babalan, Langkat, Minggu (10/7/2022) atau Ahad 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah. 
Bertindak sebagai Imam dan Khatib Sholat Idul Adha, Ustadz Dr Imam Yazid MA.
Adanya perbedaan penentuan waktu jatuhnya 10 Dzhulhijah melalui perhitungan hisab dan pantauan perwujudan hilal. Mengakibatkan pelaksanaan shalat Idul Adha1443 H/2022 M terjadi pada dua waktu. 
Menanggapi hal itu, Syah Afandin pada sambutanya berharap kepada seluruh umat muslim, khususnya di Kabupaten Langkat senantiasa menjaga serta mempererat persatuan dan persaudaraan, dengan tidak menjadikan perbedaan sebagi perpecahan. 
“Hari ini kita berhari raya, selamat merayakan Idul Adha 1443 Hijriyah. Saudara  saudara kita kemaren ada yang sudah berhari raya. Akan hal itu saya berharap tidak menjadi polemik ditengah  tengah kita ummat Islam, sebab sesama ummat Islam itu adalah bersaudara, perbedaan dalam hal ini jangan sampai menjadi sumber perpecahan,” harap Syah Afandin. 
Lanjut ia mengajak, melalui momentum Idul Adha untuk terus membangun rasa empati dan kepedulian, memupuk semangat berbagi, semangat untuk hidup dalam persatuan (Ukhuwah Wathoniyah), sebagai warga bangsa Indonesia  yang  berbhinneka.
Usai pelaksanaan Sholat Idul Adha Plt Bupati bersama keluarga memotong hewan kurban sapi dikediaman Ibunda Plt Bupati Langkat di Kelurahan Brandan Timur Kecamatan Babalan, Langkat. 
Saat melakukan pemotongan, Syah Afandin mengatakan beruntung mereka yang melaksanakan ibadah kurban, karena dapat berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara yang butuh perhatian lebih.
 Karena  pada hari yang agung ini dan hari – hari Tasyrik umat Islam yang berkemampuan, diwajibkan melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebagai salah satu wujud keta’atan kepada Allah SWT. 
“Mudah  mudahan bagi yang tahun ini belum melaksanakan ibadah kurban, semoga tahun  tahun mendatang Allah berkenan melapangkan rezeki dan menggerakkan hati untuk melaksanakannya, tidak semata menjadi penerima daging kurban, akan tetapi mampu beralih menjadi pemberi daging kurban”, doa Syah Afandin. 
Terakhir Plt Bupati Langkat mengajak untuk mendoakan jamaa’ah Haji Langkat dan seluruh umat Islam yang sedang menunaikan rukun Islam kelima, agar sekembalinya ke tanah air menjadi haji dan hajjah yang mabrur. 
Sementara Asisten II Drs H Hermansyah MIP mewakili Plt Bupati Langkat sholat Idul Adha di Alun-alun T Amir Hamzah, Stabat. Bertindak sebagai khotib dan imam Al Ustad H Rismadianto Karo-karo S.Pdi, MM.
Diketahui Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK turut sholat disana. 
Sebelumnya diketahui Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat, H Syah Afandin SH bersama keluarga besarnya berkurban tujuh (7) ekor sapi diberikan kepada warga Negeri Bertuah. 
Tujuh ekor sapi diserahkan kepada Masjid Raya Stabat, Masjid di Pangkalan Brandan (2 ekor sapi), Masjid di Desa Perhiasan Kecamatan Selesai, Masjid di Desa Kwala Besar Kecamatan Secanggang, Masjid di Desa Besilam Babussalam Kecamatan Padang Tualang dan Pengurus DPD PAN Kabupaten Langkat. 
Plt Bupati Langkat menyerahkan langsung sapi kurban di Masjid Raya Stabat, Sabtu (9/7/2022). Hewan qurban diterima oleh Ketua BKM Masjid Raya Stabat, T M Benyamin didampingi unsur pengurus. 
Afandin berharap sapi qurban itu ikut menyemarakkan peringatan Idul Adha. Memberikan kemanfaatan kepada warga, serta menguatkan talisilaturahmi. 
Ia juga berharap momentum ibadah qurban mengajarkan umat muslim hikmah berbagai kepada sesama. 
“Selamat Hari Raya Idul Adha. Terimakasih bagi warga yang telah melaksanakan qurban, semoga mendatangkan keberkahan. Kepada yang belum sebab ketidakmampuan, semoga ditahun depan dimurahkan rezeki untuk berqurban oleh Allah SWT,” ujarnya.
Print Friendly, Pdf & Email