x

Dinas Pendidikan Selenggarakan English for Dairi, Diikuti 400 Siswa SD-SMP

waktu baca 2 menit
Rabu, 27 Sep 2023 17:45 0 1035 ERIKSON SIRAIT

Dairi-Liputan 4.Com:Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi menyelenggarakan Lomba English for Dairi yang diikuti hampir 400 siswa dengan rincian 249 siswa SD dan 126 siswa SMP.

Kegiatan yang diikuti 153 sekolah SD dan SMP tersebut direncanakan akan berlangsung pada tanggal 26-27 September 2023.

Adapun kegiatan yang diperlombakan yaitu news reading, puisi, dan story telling untuk tingkat SD, serta puisi, story telling, dan pidato untuk tingkat SMP.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi Jonni Waslin Purba dalam acara pembukaan English for Dairi di Gedung Yayasan Bukit Cahaya Sidikalang, Kecamatan Sidikalang, Selasa (26/9/2023).

Disampaikan JW, sapaan akrabnya, perlombaan English for Dairi disambut antusias oleh siswa-siswi yang ada di Kabupaten Dairi.

“Puji Tuhan, ini pesertanya bukan hanya dari Sidikalang saja tapi juga luar Sidikalang. Terutama kita sangat bangga dengan siswa SD, karena mereka sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Walaupun kita tahu, sebagian sekolah itu belum memasukkan Bahasa Inggris dalam pelajaran muatan lokalnya. Tapi mereka sudah berani dan mampu untuk mengikuti perlombaan seperti yang dilaksanakan hari ini,” ucapnya.

Lebih lanjut, JW juga menyampaikan tujuan perlombaan ini adalah untuk meningkatkan literasi di Kabupaten Dairi salah satunya melalui Bahasa Inggris.

“Harapannya, Bahasa Inggris dapat menjadi muatan lokal. Hal ini sudah kita rencanakan dan sudah kita anjurkan kepada sekolah, agar Bahasa Inggris dimasukkan dalam muatan lokal. Hal ini juga sudah ada peraturan bupatinya. Tinggal bagaimana sekolah itu akan memilih,” katanya.

Kegiatan ini, kata JW, merupakan suatu kebijakan dan program dari Pemkab Dairi yang telah diprogramkan Bupati Dairi Eddy Berutu untuk meningkatkan indeks literasi guna mencapai Dairi Cerdas.

“Jadi ini merupakan kegiatan perdana yang sangat luar biasa. Kami juga akan melaporkan ini melalui raport mutu pendidikan sehingga indeks literasi kita akan lebih cepat meningkat,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, JW juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Dairi kerena telah menetapkan kebijakan yang dapat menunjang indeks literasi dan mendukung kurikulum merdeka.

“Dan juga kepada Bunda Literasi Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu yang telah mendukung segala kegiatan kami demi tercapainya siswa yang cerdas dan gemar literasi. Semoga kegiatan sepeti ini dapat kita laksanakan di tahun mendatang,” ucapnya.

(Tim/Rait)

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x
x