x

Diduga Calo Pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Khusus Kelas I Medan Aman-Aman Saja Menjalankan Aksinya Ada Apa Yaa ?

waktu baca 3 menit
Kamis, 20 Okt 2022 01:45 0 300 Redaksi

 

Sumut Liputan4.Com – Medan, Telah diberitakan oleh beberapa media sebelumnya terkait diduga adanya pelaku pengurusan liar (calo) paspor bebas berkeliaran di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Jalan Gatot Subroto KM. 6,2 No. 268A, Sei Sikambing C II, Kecamatan Medan Helvetia Kota Medan. Namun, para calo paspor tersebut tetap eksis dan lancar menjalankan aksinya di sebelah Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan tepatnya di kantin wisma Yayasan Perjalanan Haji (PHI) Medan.

Adanya pemberitaan tersebut, sesuai dengan temuan awak media terhadap salah seorang laki-laki berinisial AR (40), yang tengah mengajukan permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, pada Rabu (7/9/2022) lalu.

Namun, dianya (AR) mengaku tidak mendapatkan pendaftaran antrian online (M-Paspor) dikarenakan kuota telah penuh. Untuk itu, AR mendatangi kantor imigrasi kelas I Khusus Medan guna mengajukan langsung. Namun pegawai imigrasi menolak dan mengatakan harus mendaftar online melalui M-Paspor.

Al hasil, AR bergegas untuk pulang. Namun salah seorang laki-laki berpakaian rapi menemuinya dan menawarkan bahwasannya dirinya bisa menguruskan paspor tanpa daftar online dengan biaya dua juta rupiah dan mengatakan dianya sudah lama pengurus paspor dan sudah ada kerja sama.

Terkait peristiwa tersebut, awak media mengkonfirmasi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan Johanes Fanny, hingga saat ini belum menanggapi.

Untuk itu, awak media bersama rekan-rekan mendatangi Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumatera Utara di Jalan Putri Hijau No.4, Kesawan, Medan Barat, Sumatera Utara.

Bambang selaku Humas Kanwil Kemenkumham Sumut mengatakan, Sudah saya konfirmasi ke kepala kanimsus medan, rekan media dipersilahkan datang langsung ke kanimsus medan.

“Dah saya konfirm ke kakanim, makanya beliau persilahkan datang ke kanimsus,” ucap Bambang.

“Jumpai pak Elfaiz kasubag umum dan kepegawaian, kakanim ada giat bg,” lanjutnya.

Ketika awak media menemui Kasubag Umum dan Kepegawaian Elfaiz lubis, ianya seperti bingung dan saling lempar melihat kedatangan awak media.Ketika ingin di minta stetmentnya terkait dugaan adanya calo di Kantor Imigrasi Kelas I khusus Medan, beliau menolak dan menggiring awak media untuk menemui bagian Infokom, Benny Setiawan.

Saat di wawancarai Benny menjelaskan, setiap kantor pelayanan masyarakat, besar kemungkinan ada calo namun itu mungkin transaksinya di luar pagar kantor,bebernya. Apabila benar ada pengurus liar (calo) di dalam kawasan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan dipersilahkan buat laporan pengaduan.

” Tanggapan saya, kalau memang itu terbukti benar, silahkan adukan ke layanan pengaduan. Dan membawa bukti-bukti dan keterangan yang benar kalau memang itu terjadi benar,” jelas Benny kepada awak media, Rabu (19/10/22).

“Kalau memang itu benar, akan ada mekanisme tersendiri yang kita jalankan,” pungkasnya.(Abdi/Tim)

Berita dengan Judul: Diduga Calo Pengurusan Paspor di Kantor Imigrasi Khusus Kelas I Medan Aman-Aman Saja Menjalankan Aksinya Ada Apa Yaa ? pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Abdi Sumarno

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x
x