x

BNNP Kalsel : 500 Korban Penyalahgunaan Narkoba Menjalani Rehabilitasi Selama Tahun 2023

waktu baca 3 menit
Senin, 26 Jun 2023 21:42 0 389 G. IRAWAN

 

 

BANJARMASIN – LIPUTAN 4.COM. Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Selatan (BNNP KALSEL) selama tahun 2023 telah merehabilitasi 500 korban penyalahgunaan narkoba yang menjalani perawatan jalan maupun rawat inap untuk menghilangkan ketergantungan dari barang haram tersebut.

“Terhitung Sampai Juni 2023 ini angkanya mencapai 500 orang lebih yang kami upayakan penyembuhan dan tersebar di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Kalsel,” kata Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Kalsel Kombes Pol Totok Lisdiarto di Banjarmasin, Senin (26/06/23).

Sedangkan pasein yang di rehabilitasi Untuk rawat inap, BNN bekerjasama dengan Rumah Sakit Sambang Lihum milik Pemprov Kalsel.

Dan Ada pula pemakai narkoba yang menjalani Rehabilitasi berinisiatif untuk menjalani rehabilitasi rawat inap dengan biaya sendiri di Balai Besar Rehabilitasi Lido milik BNN di Jawa Barat.

Kemudian, Balai Besar Rehabilitasi Tanah Merah yang juga milik BNN di Kalimantan Timur serta Balai Rehabilitasi Badokka Makassar yang menjadi satu-satunya fasilitas rehabilitasi milik BNN yang terletak di Pulau Sulawesi.

Adapun yang paling banyak dari korban penyalahguna Narkotika jenis amphetamine atau dikenal juga sebagai sabu-sabu yang menjalani proses Rehabilitasi.

Kombes Pol Totok Lisdiarto mengatakan dalam upaya penyembuhan bagi korban penyalahguna menjadi komitmen BNN selain upaya pencegahan yang kian ditingkatkan, “Prinsipnya bagi korban kita obati sampai sembuh dan agar jangan sampai dipenjara kecuali jaringan pengedar penegakan hukum secara tegas dengan pidana maksimal,” ujar Kombel Pol Totok Lisdiarto.

Kabid Pemberantasan BNNP Kalsel, Kombes Pol Totok Lisdiarto mewakili Kepala BNNP Kalsel Brigjen Pol Wisnu Andayana memimpin peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023 yang dilaksanakan di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Polda Kalsel. Senin (26/06/23).

Dalam kesempatan tersebut, BNNP Kalsel juga menyerahkan hadiah bagi pemenang untuk sejumlah lomba tingkat pelajar yang digelar dalam rangkaian acara peringatan HANI 2023 seperti lomba vokal grup dimenangkan MAN 2 Banjarmasin dan lomba baca puisi dimenangkan Alifia Nur Azkia dari MAN 1 Banjarmasin.

Para pemenang pun menampilkan aksinya di atas panggung di hadapan para tamu undangan saat syukuran HANI 2023 yang dihadiri Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi bersama unsur Forkopimda.

Kombes Pol Totok Lisdiarto menyebut para anak muda memang sengaja digandeng BNN dalam kampanye Anti Narkotika karena para generasi muda dianggap yang paling rawan menjadi sasaran oleh jaringan pengedar Narkoba,” terangnya.

“Kalau sejak remaja sudah paham soal narkotika itu berbahaya dan harus dihindari maka kami optimis mereka tidak akan tergoda sampai kelak dewasa,” ucap Kombes Pol Totok Lisdiarto.

BNN RI bersama dengan seluruh elemen bangsa serta perwakilan negara-negara sahabat menggelar puncak peringatan HANI 2023 di Garuda Wisnu Kencana, Badung Bali, pada Senin (26/06) termasuk dihadiri Kepala BNNP Kalsel Brigjen Pol Wisnu Andayana,” pungkasnya (Liputan 4.Com).

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x
x