Wali Kota Buka Pertunjukan Margondang, Manortor, Dan Makkobar Padang Sidempuan Tahun 2022

LIPUTAN4.COM,PADANG SIDEMPUAN

-Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution membuka acara pertunjukan margondang, manortor, dan makkobar kota Padang Sidempuan yang berlangsung tanggal 28 sampai 29 November 2022 di Alaman Bolak.


Dalam sambutannya Wali Kota Irsan Efendi menyampaikan pertunjukan margondang, manortor, dan makkobar merupakan salah satu upaya dan ikhtiar kita untuk melestarikan adat budaya kota Padang Sidempuan.

Beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan dan mensukseskan acara ini.

Beliau berharap acara seperti ini terus dilaksanakan dengan melibatkan generasi muda, naposo nauli bulung karena merekalah pemegang estafet untuk melanjutkan pelestarian adat budaya di Kota Padang Sidempuan, katanya.

KULIAH GRATIS BEASISWA

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Ali Hotman Hasibuan melalui Kabid Pariwisata Munawir Ikhsan Lubis melaporkan, pertunjukan margondang, manortor dan makkobar Tahun 2022 ini diikuti sebanyak 125 orang yang dibagi menjadi 3 grup.

“Adapun ketiga grup antara lain, Kecamatan P. Sidempuan Utara dan Kecamatan P. Sidempuan Angkola julu berada pada grup 1, Kecamatan P. Sidempuan Selatan dan Kecamatan P. Sidempuan Hutaimbaru pada grup 2, Kecamatan P. Sidempuan Tenggara dan Kecamatan P. Sidempuan Batunadua pada grup 3”, katanya.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuh kembangkan kembali budaya tradisional yang sudah mulai meredup di Bumi Dalihan Natolu yang sama-sama kita cintai, sekaligus dapat menjadi sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan dengan nilai luhur dan makna yang terkandung dari acara margondang, manortor, dan makkobar, tambahnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wali Kota, Wakil Wali Kota, Ketua TP-PKK, Wakil Ketua TP-PKK, Pimpinan OPD, Ketua Forkala, Ketua Lemtari, Para Camat, dan Seluruh Peserta. (Sp)