x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Universitas Darunnajah Adakan Workshop Manajemen Wakaf Produktif dan Kaderisasi SDM di Pesantren

waktu baca 2 menit
Kamis, 13 Jul 2023 17:56 0 637 TAUFIK ARIFIN

Jakarta-Universitas Darunnajah menyelenggarakan Workshop Manajemen Wakaf Produktif dan Kaderisasi Sumber Daya Manusia di Pondok Pesantren yang dibuka untuk umum. Acara diikuti lebih dari 130 peserta yang berasal dari berbagai lembaga di Indonesia baik dari suatu institusi pendidikan maupun yang berpartisipasi secara pribadi.

Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk meningkatkan produktifitas pengolahan aset wakaf serta menerapkan sistem kaderisasi bagi setiap lembaga, baik lembaga pesantren maupun lembaga pengolah wakaf yang lain.

Acara ini dibuka oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah sekaligus Presiden Universitas Darunnajah Dr. KH. Sofwan Manaf, M.Si dengan mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta juga menjelaskan sejarah singkat Yayasan Darunnajah yang merupakan lembaga wakaf sejak lahir.

Selanjutnya, salah satu anggota Dewan Nadzir Yayasan Darunnajah juga menyampaikan sambutan sekilas mengenai wakaf juga bagaimana penerapan dan perkembangan wakaf yang sudah ada sejak zaman para nabi.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi sesi pertama Manajemen Wakaf Produktif yang disampaikan oleh Associate Prof. Dr. Irfan Syauqi Beik, SP., M.Si. Dalam pemaparannya belau menyampaikan materi seputar wakaf secara detail. Dalam meningkatkan pengolahan wakaf yang produktif, sebuah lembaga itu sendiri harus memiliki pengelola yang paham akan manajemen risiko yang paham akan hukum perwakafan untuk menjaga asset wakaf itu sendiri. “Risiko hukum paling berat adalah kehilangan asset wakaf”, ucap Dr Irfan ketika menjelaskan alasan mengapa seseorang harus memperlajari manajemen risiko.

Disela antar sesi pertama dan kedua pihak Universitas Darunnajah juga menawarkan kerja sama antar lembaga, khususnya bagi lembaga yang ingin mengutus para kadernya untuk melanjutkan studi strata 1 dengan penawaran 10 prodi yang ada di Universitas Darunnajah.

Pemaparan materi kedua disampaikan oleh Al Ustadz Fajar Suryono, S.Kom mengenai Kaderisasi Sumber Daya Manusia di Pondok Pesantren Darunnajah. Dalam pemaparan materinya, beliau menjelaskan mengenai sistem kaderisasi sumber daya manusia yang sudah lama diterapkan di Yayasan Darunnajah.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x