x

Tingkatkan Sinergitas Satpam Dan Polri, Kasat Binmas Polres Majalengka Ucapkan HUT Satpam Ke 42 Tahun

waktu baca 3 menit
Jumat, 30 Des 2022 10:45 0 343 Redaksi

Majalengka, Kasat Binmas Polres Majalengka AKP H Edi Purwanto, S.Pd.I., menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun Satpam ke 42 tahun bagi Satpam Indonesia, Khususnya bagi Satpam Kabupaten Majalengka. Jumat (30/12/2022).

Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan (HUT SATPAM) Indonesia yang ke 42 tahun 2022 mengusung tema “SINERGITAS SATPAM DAN POLRI PEDULI UNTUK SEMUA”

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi melalui Kasat Binmas Polres Majalengka AKP H Edi Purwanto menyampaikan, “Saya selaku Kasat Binmas Polres Majalengka dan mewakili Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi mengucapkan, Selamat Hari Ulang Tahun Satpam yang ke-42 tahun kepada seluruh Personel Satpam dimana pun bertugas, khususnya bagi Satpam Majalengka Mitra Polres Majalengka, semoga Satpam Majalengka dalam berprofesi dapat mematuhi Tupoksiran Satpam kiranya dapat dijadikan sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja Satpam” Ucap H Edi.

Sebagai informasi Kapolri ke-8 yakni Jenderal Polisi Alm (Purn) Prof. Dr. Awaludin Djamin, M.P.A. merupakan Bapak Satpam Indonesia, kita sama-sama doakan Semoga Almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT.” kata Kasat Binmas Polres Majalengka.

“Untuk memperingati HUT Satpam tahun 2022 yang ke 42 tahun, kita akan laksanakan sesuai dengan TR /perintah Polda di DitBinmas Polda Jabar, kebetulan hari ini tepat tanggal 30 Desember 2022 adalah hari ulang tahun Satpam.” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Kasat Binmas Polres Majalengka AKP H Edi Purwanto menyampaikan pesan kamtibmas antara lain tetap disiplin dalam tugas, berlaku secara humanis untuk semua, terapkan Attitude dan laporkan kepada aparat hukum apabila ada hal yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban serta meningkatkan kewaspadaan saat bertugas dengan selalu melaksanakan pemeriksaan identitas diri terhadap seseorang yang memasuki perusahaan dan meminta surat kendaraan apabila keluar dari lingkungan perusahaan.

“Satpam merupakan mitra keamanan dari kepolisian sehingga membutuhkan komunikasi yang kuat antara Polri dan Satpam maka tercapainya keamanan dan ketertiban dilingkungan sekitar,
pungkas Kasat Binmas AKP H Edi.

Dalam kesempatan yang sama Kasat Binmas Polres Majalengka AKP H Edi Purwanto menjelaskan sejarah di bentuknya Satpam Indonesia, Satpam di lahirkan dari tubuh Polri, berikut singkatnya sejarah Satpam :

Selama 40 tahun, satpam dikenal sebagai satuan petugas pengaman yang berseragam putih biru. Namun, pada awal 2021, seragam satpam mengalami perubahan menjadi coklat seperti seragam polisi.

Pilihan warna yang termaksud dalam Pasal 45 Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tersebut menuai kontroversi karena dinilai terlalu mirip dengan polisi. Kini, seragam satpam kembali berubah menjadi coklat muda.

Kemiripan seragam satpam dengan polisi sebenarnya bisa dilacak kembali ke asal-muasal pembentukannya. Dalam buku “Menguak Misteri Sejarah” karya Asvi Warman Adam, pada 30 Desember 1980, satpam dibentuk sebagai pembantu polisi untuk melakukan tugas-tugas keamanan di wilayah yang kecil, seperti perkampungan, perkantoran, dan pertokoan.

Jenderal Awaloedin Djamin, mantan Kapolri yang dikenal sebagai Bapak satpam Indonesia, membentuk satpam atas dasar fakta bahwa jumlah personel kepolisian pada waktu itu terlalu sedikit untuk melakukan pengamanan di wilayah-wilayah yang kini menjadi wilayah kerja satpam. Adapun kesadaran untuk membentuk satuan khusus guna mengamankan wilayah kampung, kantor, dan perkantoran berangkat dari maraknya kejahatan di wilayah tersebut.

Dalam buku “Politik Jatah Preman”, Ian Wilson menyebutkan bahwa Awaloedin membentuk satpam untuk mengatasi kejahatan-kejahatan terorganisir, seperti preman, yang menjamur di wilayah-wilayah tersebut. Dengan membentuk satpam, polisi dapat mengamankan wilayah-wilayah tersebut tanpa harus turun dan mengerahkan personel secara langsung.

Keterkaitan antara satpam dan polisi tidak hanya perihal tugas dan seragam, tetapi juga cara dan teknik pengamanan. Dalam otobiografinya, “Awaloedin Djamin: Pengalaman Seorang Perwira Polri”, Awaloedin mengungkapkan bahwa satpam harus menerima pendidikan dan materi pengamanan yang sama dengan polisi. Secara administratif, satpam juga harus didata dan terdaftar sebagai anggota kepolisian. (Krismanto Abi Cris)

Berita dengan judul: Tingkatkan Sinergitas Satpam Dan Polri, Kasat Binmas Polres Majalengka Ucapkan HUT Satpam Ke 42 Tahun pertama kali tampil pada LIPUTAN4.COM. Reporter: IRMAN KRISMANTO

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x