x

Setelah 13 Tahun Terbengkalai, Perumda Pasar OKU Kembali Fungsikan Pasar Induk Batu Kuning Baturaja

waktu baca 3 menit
Rabu, 27 Mar 2024 22:01 1 939 AGUS MAULANA

LIPUTAN4.COM SUMATERA SELATAN – BATURAJA, Setelah 13 Tahun lamanya sejak diresmikan pada tahun 2009, Pasar Induk Batu Kuning yang berlokasi di Kelurahan Batu Kuning Kecamatan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Kabupaten OKU akan kembali difungsikan sebagaimana fungsi dari Pasar Induk itu sendiri.

Kembali difungsikannya Pasar Induk Batu Kuning Baturaja Kabupaten OKU merupakan program jangka pendek yang dilakukan atau diinisiasikan oleh Radius Susanto, S. E., selaku Direktur Utama Perumda Pasar OKU.

“Kita sekarang berada di Pasar Induk Batu Kuning Baturaja yang selama ini tidak aktif, kurang lebih selama 13 tahun. Makanya kita dari Perumda Pasar OKU dalam upaya menertibkan dan perbaikan para pedagang pasar yang ada di Kabupaten OKU kita mengaktifkan kembali Pasar Induk Batu Kuning Baturaja ini,”ujar Radius Susanto, S.E., Dirut Perumda Pasar OKU saat diwawancara Awak Liputan4.com pada Rabu, (27/03/2024) dilokasi Pasar Induk Batu Kuning.

“Untuk sekarang yang kita fokuskan adalah untuk bongkar muat, bongkar muat dari barang – barang yang masuk di Kabupaten OKU ini harus masuk ke Pasar Induk Batu Kuning, sesuai fungsi dari Pasar Induk itu sendiri,”ungkap Radius Susanto.

Radius Susanto Dirut Perumda Pasar OKU mengatakan, saat ini los yang untuk para agen – agen surat – suratnya sudah dimiliki oleh para pedagang sebanyak 70 los dan 180 lapak.

“Dengan aktifnya kembali Pasar Induk Batu Kuning, masyarakat disekitar sini untuk berbelanja tidak jauh lagi jika akan ke Pasar,”kata Radius Susanto.

“Pengaktifan kembali Pasar Induk Batu Kuning Baturaja ini sesuai permintaan masyarakat dan keinginan Pemerintah Kabupaten OKU untuk mengaktifkan kembali setelah lama terbengkalai dan saat ini sudah kita bersihkan sebagaimana yang sudah kita lihat sendiri kondisinya sekarang,”jelas Radius Susanto.

“Rencana kita aktifkan sekitar tanggal 30 Maret 2024, tapi kita masih menunggu arahan dari Pemerintah Daerah Kabupaten OKU selanjutnya,”ucap Radius Susanto.

“Semua pedagang disini sebagian besar dari masyarakat Kabupaten OKU yang memang sebagai agen – agen. Kita utamakan terlebih dahulu adalah para agen – agen pedagang karena untuk mengisi Pasar Induk Batu Kuning terkait dengan bongkar muat. Fasilitas yang tersedia di Pasar Induk Batu Kuning ini adalah lahan Parkir yang luas dan lahan untuk tempat berdagang juga luas sehingga memungkinkan untuk bongkar muat bisa tercukupi,”terang Radius Susanto.

“Visi dan Misi kita dari Perumda Pasar OKU untuk mengaktifkan kembali Pasar Induk Batu Kuning Baturaja adalah mengaktifkan aktifitas jual beli sehingga bangunan ini tidak sia – sia. Kedua kita memenuhi keinginan masyarakat setempat disini untuk memudahkan berbelanja dan yang terakhir adalah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah,”pungkas Radius Susanto.

Stik Famika Makassar

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Dodi.A
    3 minggu  lalu

    Pungsi kan kembali pasar induk boleh.
    Tapi Alang kah baik nya kesejahteraan pegawai pasar juga di kembalikan jadi GAJI/UPAH pegawai pasar tolong di BAYAR terlebi DAHULU..

    Balas
RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x