x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Presidium MN KAHMI Romo Syafii memberikan kuliah umum di Universitas Panca Marga Probolinggo dan memberikan buku Paradoks Indonesia

waktu baca 2 menit
Sabtu, 17 Jun 2023 14:12 0 219 TAUFIK ARIFIN

Jakarta-Presidium MN KAHMI yang juga Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Gerindra Romo H.R Muhammad Syafii SH M.Hum beri kuliah umum untuk mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Panca marga Probilinggo Jumat 16 Juni 2023.

Kuliah umum yang dipimpin oleh Bp. Harmoko SH. H. L. I dekan Fakultas Hukum mengangkat tema “Keadilan Restoratif dalam Perspektif Hak Asasi Manusia”. Hadir juga sebagai pembicara Bp. Dymas Adji Wibowo SH., M. H Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo. Dr. Totok Sugiarto SH M. H dosen Fakultas Hukum Universitas Panca Marga Probolinggo.

Dihadapan 100 mahasiswa Universitas Panca Marga Romo Syafii menjelaskan mengenai pengertian Keadilan Restorative yang biasa dikenal masyarakat dengan Restorative Justice (RJ).Pendekatan keadilan restorative, kata Romo Syafii, merupakan upaya mengembalikan martabat manusia tanpa mengesampingkan esensi keadilan.

Sesuai dengan prinsip HAM yang fundamental, yakni penghormatan perlindungann, pemenuhan hak setiap orang dan kesetaraan yang sama dihadapan hukum.

Dalam sesi diskusi Romo Syafii mendapat pertanyaan dari salah satu mahasiswa yaitu Sdr. Badrun yang mempertanyakan soal penegakan hukum hari ini terkontaminasi dengan penyelesaian kasus yg main mata oleh oknum tertentu.

Romo menjelaskan Restorative justice on sale selalu saja ada yang menggunakan oleh oknum untuk kepentingan dirinya dengan alasan biaya macam macam yang dilakukan oleh mafia peradilan.
Dalam Pertanyaan dari peserta soal Pilkades yang sering bertikai pasca pemilihan maka Romo mencontohkan bahwa
Prabowo maju dua kali pilpres kalah, kalah kedua dia gabung pemerintahan. Jadi kalau kita dengar kepala desa bertikai paska kekalahan saya rasa harusnya bisa mencontoh H. Prabowo Subianto kalau kalah pemilihan ya bergabung saja buat kemajuan desa tersebut.

Indonesia harus jadi bangsa yang kuat dan siap dengan perang. Kesejahteraan tidak akan ada kalau kita lemah. Prabowo sudah menunjukkan sikap Dan beliau jadi tokoh bangsa diperbincangkan dunia Internasional karena proposal damai Rusia Ukraina.

Pada akhir diskusi peserta bahwa dia percaya dengan gagasan Prabowo tapi harus juga dengan realisasi yang nyata dan kami menunggu itu ketika beliau memang jadi Presiden RI 2024 nanti dan disambut tepuk tangan oleh seluruh peserta yang hadir.

Pada kesempatan ini Romo Syafii juga turut menyumbangkan buku karya Ilmiah Bapak Prabowo Subianto kepada Perpustakaan Universitas Panca Marga Probolinggo.

Buku yang berjudul “Paradoks Indonesia” buku ini mengungkap kondisi negara kita saat ini, dan menjelaskan dua tantangan besar yang harus kita hadapi dan atasi sebagai bangsa Indonesia.

Juga ada buku yang berjudul “Kepemimpinan Militer” Buku ini seperti sebuah masterpiece Prabowo untuk dipersembahkan pada generasi muda Indonesia.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x