x

Pengembangan UMKM di Pasar Wuring Sikka Berdampak Ekonomi bagi Masayarakat

waktu baca 2 menit
Sabtu, 18 Nov 2023 22:17 0 200 Pay

LIPUTAN4.COM – Pengembangan UMKM di pasar Wuring Kabupaten SIKKA menjadi harapan dan berpotensi besar demi meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pasar Wuring tersebut terletak di Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka.

Pasar Wuring termasuk salah satu pasar tradisional yang hanya dibuka pada saat Magrib yakni di pukul 17.00 Wita sampai dengan 22.00 Wita.

Fokus pasar tradisional Wuring ini lebih menonjol kepada penjualan ikan segar, pakaian serta kebutuhan rumah tangga lainnya, dengan jumlah pedagang saat ini sebagai pelaku UMKM yang beraktivitas di dalam Pasar Wuring tersebut mencapai 200 pelaku UMKM.

Keberadaan Pasar Wuring sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya terutama masyarakat di sekitar lokasi. Jam operasional pasar yang dimulai pada sore hari sangat membantu para pekerja karena tepat dengan waktu pulang kantor. “Kami sangat merasa terbantu karena Pasar Wuring ini dekat dengan lokasi tempat tinggal dan juga dibuka pada sore hari sehingga pas dengan jam kami pulang kantor” ungkap ibu sisilia, salah seorang pengunjung pasar yang sedang mencari ikan segar.

Salah satu penjual, yakni Sam sebagai salah satu penjual ikan kering di Pasar Wuring, menjelaskan keberadaan Pasar Wuring menjadi tempat untuk mengais rejeki bagi dirinya dan keluarga.

Kepada media ini, Sam sangat berharap agar keberadaan Pasar Wuring tetap eksis, mengingat begitu banyaknya pelaku UMKM yang menggantungkan hidupnya di pasar tersebut.

“Harapan saya agar Pasar Wuring ini tetap ada supaya kami tetap bisa berjualan dan mengais rejeki” ungkap Sam.

Menurutnya, keberadaan Pasar Wuring belakangan ini menjadi sorotan, akibat adanya polemik yang ramai dibicarakan di media sosial. Adanya pro dan kontra terhadap keberadaan Pasar Wuring masih menjadi perdebatan hangat di dalam rapat antara pemerintah dan DPRD Kabupaten Sikka.

Di tempat terpisah drh. Waode Karmila Wati, M.Vet, yang adalah pengelola Pasar Wuring sekaligus seorang pemerhati UMKM di Kabupaten Sikka mengatakan, bahwa Pasar Wuring merupakan wadah bagi para UMKM untuk memperbaiki kondisi perekonomiannya.

drh. Waode yang lebih dikenal dengan Mila ini berharap agar para pelaku UMKM yang berada di Pasar Wuring tetap fokus pada pengembangan UMKM yang sedang dijalankan saat ini, agar bisa berdampak pada pemulihan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Mila juga berharap jika ada persoalan yang muncul, agar diselesaikan secara baik sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

“Persoalan seperti apapun harus diselesaikan secara bijaksana, karena pasar Wuring merupakan aset berharga demi pengembangan UMKM dan perbaikan ekonomi. Pinta drh. Mila.

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x