x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Pelayanan data Kependudukan di Keerom terkendala, Sistem Dukcapil

waktu baca 2 menit
Sabtu, 4 Jun 2022 08:46 0 715 Redaksi

 

Keerom (Papua) Liputan4.com – Sekertaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) yang juga sebagai PLT Kepala Dukcapil  Kabupaten Keerom Simon Debem SE mengatakan, Sistem aplikasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Keerom, Pupua, mengalami gangguan. Akibatnya, semua pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan terganggu.dan terhenti untuk sementara.

Gangguan ini bukan hanya di Kantor Dukcapil Keerom, namun ada beberapa dukcapil di papua juga telah mengalami hal yang sama. Hal itu diungkapkan simon debem saat di temui liputan4 di ruang kerjanya (jumat 3/6/2022).

Kata Simon Debem,   tentunya gangguan sistem yang terjadi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)  ini berimbas pada Pelayanan Administrasi  data Kependudukan kepada Masyarakat Keerom,memang terganggunya sistem aplikasi ini terjadi sejak pekan lalu,

“Sampai hari ini masih terganggu karena semua jaringan kita pakai langsung dari pusat sehingga kalau mengalami gangguan maka kita disini juga ikut terganggu,” hal tentu membuat masyarakat yang belum memiliki data kependudukan seperti KTP, KK, AKTE, dan lainnya belum bisa mengurusnya.  Ujar Simon Debem

Menurutnya, Meskipun sistem sedang terganggu namun pelayanan lainnya tetap berjalan sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam memenuhi data kependudukan kepada masyarakat keerom. Hanya saja “Kita belum bisa memastikan kapan sistem akan kembali normal, namun kami akan  mengupayakan semaksimal mungkin karena kita sudah berkomunikasi dengan pusat, dengan demikian kita berharap pekan depan bisa kembali normal sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan seperti biasa.

Lanjut Simon Debem, untuk sementara kami masih menunggu perbaikan sistem, selanjutnya kami juga berencana turun langsung ke lapangan terutama di distrik Yaffi, Web, towe, Kesnar dan senggi, asalkan kampung kampung tersebut memiliki jaringan, guna mendorong pemenuhan dokumen kependudukan kepada seluruh warga Kabupaten Keerom.

Selain beberapa Distrik di atas, Distrik Arso Timur dan Distrik Waris kami akan lalui, selanjutnya Distrik Arso, Arso Barat dan Skanto,  ini penting skali harus kita lakukan dengan tujuan data atau dokumen kependudukan masyarakat dapat terpenuhi,   Pungkasnya.

 

 

 

 

Berita dengan Judul: Pelayanan data Kependudukan di Keerom terkendala, Sistem Dukcapil pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : FERRY NABAR

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x