x

Panwaslu Melantik 12 Anggota Panitia PKD Se – Kecamatan Padang Sidempuan Selatan

waktu baca 3 menit
Senin, 6 Feb 2023 22:45 0 309 Redaksi

LIPUTAN4.COM,PADANG SIDEMPUAN (SUMUT)

– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kota Padang Sidempuan melalui Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kec. Padang Sidempuan Selatan melantik 12 anggota Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PK/D) Se-Kec. Padang Sidempuan Selatan, Kota Padang Sidempuan dalam rangka Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024, Senin (6 / 2/2023.).

Pelantikan dan pengambilan sumpah PKD bertempat di Aula KPN Budi Luhur sekaligus dilaksanakan pembekalan kepada seluruh PKD yang dihadiri langsung Ketua Bawaslu Kota Padang Sidempuan Syafri Muda Harahap, ke 3 Komisioner Panwaslu Kec. Padang Sidempuan Selatan, Ketua Zulkifli Nasution dan Komisioner Ardi Husein Hasibuan dan Nanda Rahmat Sinaga, kemudian hadir juga sekretariat dan para staf, mewakili Camat Kec. Padang Sidempuan Selatan PPK Kec. Padang Sidempuan Selatan, Babinsa dan undangan lainnya.

Ketua Bawaslu Kota Padang Sidempuan Syafri Muda Harahap, saat memberikan arahan menekankan agar semua PKD yang baru saja dilantik nantinya akan bertugas mengawasi dan melakukan pencegahan dugaan-dugaan pelanggaran yang terjadi di kelurahan dan desa masing-masing, di wilayah Kec. Padang Sidempuan Selatan, harus sesuai dengan Undang-Undang No 7 Tahun 2017 dan peraturan Bawaslu, tegasnya.

Dalam menjalankan tugas dan kewajiban, kawan-kawan PKD yang baru dilantik harus menjalankan tugas dengan sebaik baiknya, tentunya sikap dan perilaku harus sesuai dengan fakta integritas, tegas Syafri Harahap.

” Ketua Bawaslu di depan sudah ada tugas yang harus dijalankan PKD, yaitu mengawasi petugas pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih. Sebelum masuk ketahapan tahapan selanjutnya Kawan-kawan PKD harus mengawasi tahapan pemutakhiran data pemilih ini, tutupnya.

“Selamat dilantik sebagai PKD, bertugaslah dengan baik dan propesional, jaga integritas dan marwah Bawaslu karena PKD ujung tombak dari pengawasan, bekerjalah sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan tetap jaga koordinasi, “pungkasnya.

Ketua Panwaslu Kec. Padang Sidempuan Selatan, Zulkifli Nasution mengatakan, sebelum dilantik perekrutan PKD telah melalui berbagai tahapan.

“12 orang PKD yang baru saja dilantik dan semuanya telah mengikuti berbagai tahapan melalui seleksi administrasi, wawancara hingga akhirnya hari ini secara resmi dilantik,” kata Zulkifli.

Zulkifli juga mengingatkan kepada PKD yang baru saja dilantik untuk selalu menjaga integritas. Selain itu, anggota PKD pun bakal mengemban amanah konstitusi sebagai pengawas Pemilu pada 2024 mendatang dan menjaga hak konstitusional setiap warga negara.

“Jaga laku terlebih berkaitan dengan pengawasan pemilu, dan paling utama menjaga integritas secara profesional, personal maupun kelembagaan serta solidaritas secara tim, harapnya.

Senada dengan Ardi Husein Hasibuan, ia mengatakan setelah dilantik PKD dapat menjaga integritas dalam menghadapi tekanan pekerjaan sebagai pengawas Pemilu demi menjaga proses demokrasi di Indonesia agar bisa berjalan dengan baik.

‘’Alhamdulillah pelantikan ini berjalan dengan lancar. Untuk anggota PKD yang terpilih ini, kami harapkan nantinya akan dapat melaksanakan tugas pengawasan selama tahapan pemilu 2024, ucap Nanda Rahmad Sinaga menambahkan.

Untuk diketahui bersama, Pelantikan PKD di seluruh Kecamatan se-Kota Padang Sidempuan saat ini sedang berlangsung di kecamatan masing-masing.( Sp)

 

Judul: Panwaslu Melantik 12 Anggota Panitia PKD Se – Kecamatan Padang Sidempuan Selatan
Terbit juga di: LIPUTAN4.COM.
Reporter: Sayuti Pulungan

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x
x