x

Mantan Ketua Apdesi Tapsel ditangkap, Dugaan Korupsi DD Sebesar 741 Juta Rupiah

waktu baca 2 menit
Senin, 15 Agu 2022 17:45 0 226 Redaksi

LIPUTAN4.COM,TAPANULI SELATAN
-Mantan Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) yang juga mantan Kepala Desa (Kades) Sorimanaon, Kecamatan Angkola Muara Tais, Kabupaten Tapanuli Selatan (Sumut), inisial IMH (49) ditangkap petugas kepolisian. Pasalnya, dia diduga korupsi dana desa (DD) tahun tahun 2020 lebih kurang 900 juta rupiah.

Kapolres Tapsel, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Imam Zamroni mengatakan, total dana desa tahun 2020 lebih kurang 1 miliar rupiah lebih. Namun yang dapat direalisasikan lebih dari 900 juta rupiah.

Dugaan korupsi tersebut diduga dilakukan oleh mantan Ketua APDESI itu dilakukannya dalam dua tahap pada tahun yang sama. “Pengungkapan tindak pidana korupsi tersebut berdasarkan pengaduan masyarakat yang diterima oleh pihak kepolisian,” ujar Kapolres kepada wartawan pada saat konfrensi pers di alaman Mapolres Tapsel, Jalan SM Raja Kota Padang Sidempuan, Senin (14/8/2022).

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, tersangka IMH diduga nekat membuat fiktif anggaran dan mark-up. ”Ada beberapa item pekerjaan yang diduga fiktif dan markup,” tutur perwira menengah Polri itu.

Dari hasil pemeriksaan APIP negara mengalami kerugian senilai Rp741 juta lebih, dari hasil dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukannya.

”Sesuai dengan regulasi, IMH tidak mengembalikan uang kerugian negara, sehingga pihak kepolisian melakukan penahanan,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan, sebelum menahan IMH, penyidik telah melakukan ekspos dengan BPKP Sumut. (Mr)

Berita dengan Judul: Mantan Ketua Apdesi Tapsel ditangkap, Dugaan Korupsi DD Sebesar 741 Juta Rupiah pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : ALI SABBAN

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x