x

Lewat Job Fair Mini Pemko Medan, Masyarakat Dapat Bekerja Keluar Negeri

waktu baca 4 menit
Kamis, 27 Jul 2023 21:05 0 241 JONI BARUS

Medan, Liputan 4.com-
Guna mengurangi angka pengangguran di Kota Medan, Pemko Medan melalui Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan kembali menggelar Job Fair Mini untuk yang kelima kalinya. Kali ini Job Fair Mini diadakan di Halaman Kantor Camat Medan Amplas, Kamis (27/7).

Job Fair Mini yang berlangsung selama satu hari ini tidak hanya menyediakan lowongan pekerjaan untuk daerah kota Medan saja, melainkan juga memberikan peluang bagi masyarakat yang ingin bekerja keluar negeri.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Illyan Chandra Simbolon diwakili Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Duma Gultom mengatakan Job Fair Mini yang diselenggarakan di Kecamatan Medan Amplas ini merupakan yang kelima setelah sebelumnya sukses digelar di Kecamatan Medan Deli, Kecamatan Medan Helvetia, Kecamatan Medan Barat, dan Kecamatan Medan Tembung.

“Setelah sebelumnya kita sukses mengadakan di empat Kecamatan, kali ini kita kembali mengadakan Job Fair Mini yang berlokasi di Kecamatan Medan Amplas, dan dapat kita lihat antusias masyarakat sangat tinggi untuk mendaftar berbagai lowongan pekerjaan yang tersedia.”kata Duma Gultom.

Dijelaskan Duma Gultom, Job Fair Mini yang di ikuti sebanyak 12 perusahaan ternama ini tidak hanya memberikan peluang bagi masyarakat untuk bekerja di Kota Medan saja, namun juga memberikan peluang bagi masyarakat untuk bekerja keluar negeri.

“Lowongan pekerjaan yang tersedia ada sekitar 1699 lowongan dari 12 perusahaan yang terdaftar. Dari total lowongan yang tersedia tersebut paling banyak dari perusahaan yang menyalurkan tenaga kerja ke luar negeri yang kita ikut sertakan dalam Job Fair Mini ini. Perusahaan tersebut membutuhkan sekitar 1.200 tenaga medis untuk bekerja ke Singapura.”jelas Duma Gultom.

Oleh karena itu Duma Gultom menghimbau kepada masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri untuk dapat memanfaatkan peluang ini, namun harus tetap memperhatikan setiap persyaratan yang diperlukan untuk dapat bekerja keluar negeri secara resmi (legal).

“Dengan keterbatasan lapangan pekerjaan yang ada disini, tidak ada salahnya masyarakat memanfaatkan peluang bekerja keluar negeri dengan berbagai keuntungan yang bakal di peroleh, namun masyarakat harus jeli melihat perusahaan penyalur tenaga kerja yang memang terdaftar secara resmi. Artinya masyarakat jangan sampai tertipu, jangan sampai menjadi korban perdagangan manusia.”ujar Duma Gultom sembari mengatakan Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan siap memfasilitasi masyarakat yang ingin bekerja keluar negeri secara resmi (legal).

Dikatakan Dulma Gultom lagi, selain masyarakat yang ingin bekerja keluar negeri, dalam Job Fair Mini ini juga terdapat dua perusahaan yang mencantumkan lowongan pekerjaan bagi disabilitas yaitu perusahaan Alfamart dan PT. SIM Group.

“Pada setiap penyelenggaraan Job Fair Mini kita selalu meminta perusahaan agar menyediakan lowongan bagi penyandang disabilitas, hal ini sesuai dengan arahan Bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution yang meminta agar penyandang disabilitas di kota Medan diberdayakan dan diberikan kesempatan yang sama dalam bekerja.”ucap Duma Gultom.

Terakhir Duma Gultom menghimbau kepada masyarakat kota Medan agar memanfaatkan Job Fair Mini ini untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

“Job Fair Mini ini kami buka untuk memberikan peluang yang sebesar-besarnya bagi masyarakat yang ingin mencari pekerjaan, jadi manfaatkanlah dengan sebaiknya.”pesam Duma Gultom seraya mengingatkan masyarakat untuk mendownload aplikasi SIDUTA untuk mencari berbagai informasi mengenai pekerjaan di kota Medan.

Pelaksanaan Job Fair Mini ini disambut antusias oleh ratusan masyarakat yang ingin mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan yang ada, salah satunya ialah Widya Syaputri Dalimunthe seorang ibu yang berusaha mencarikan pekerjaan untuk anaknya.

Saat ditemui Widya mengatakan anaknya selama ini bekerja disalah satu cafe di kota Medan. Selama bekerja, tidak jarang anaknya mendapat jadwal shift tiga dan harus pulang pukul 03.00 pagi. Kondisi tersebut yang membuat Widya khawatir dengan keselamatan anaknya dijalan.

Oleh karena itu Widya sangat merasa bersyukur dengan adanya Job Fair Mini ini karena anaknya dapat memilih pekerjaan yang lebih baik sesuai dengan kualifikasi jenjang pendidikan anaknya.

“Dengan adanya Job Fair Mini ini tentunya sangat membantu anak saya dan anak-anak muda lainya untuk dapat bekerja di perusahaan sesuai dengan kemampuan mereka.”kata Widya Syaputri Dalimunthe seraya menyampaikan ucapan terimakasih Kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Dinas Ketenagakerjaan kota Medan.

Ditempat yang sama Camat Medan Amplas Andrew Fransiska Ayu juga mendukung dengan digelarnya Job Fair Mini yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan kota Medan. Menurutnya ini akan sangat membantu masyarakat mendapatkan pekerjaan sehingga dapat menekan angka pengangguran dan angka kriminalitas.(JB)

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x