x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Lapas Pamekasan Sukseskan Pemilu 2024, ratusan warga binaan salurkan hak pilihnya

waktu baca 2 menit
Kamis, 15 Feb 2024 16:47 0 100 CHALIK

Pamekasan – Dalam sebuah momentum demokrasi yang penting, pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Lapas Kelas IIA Pamekasan, berlangsung dengan lancar dan kondusif. Ratusan warga binaan di lembaga pemasyarakatan ini diberikan kesempatan untuk menggunakan hak pilih mereka sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Adapun jumlah ratusan pemilih ini merupakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan juga DPTb yang memiliki total 847 pemilih. (14/02/2024)

Dalam suasana yang penuh tanggung jawab, petugas lapas bersama dengan berbagai pihak terkait telah bekerja keras untuk memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan tanpa kendala. Mulai dari proses pendaftaran hingga pelaksanaan pemungutan suara, setiap tahapan dijalankan dengan cermat dan teratur. Adapun TPS khusus yang disediakan adalah TPS khusus 901, 902, 903, dan 904.

Menurut Kepala Lapas IIA Pamekasan, Seno Utomo, partisipasi warga binaan dalam Pemilu ini sangatlah penting untuk menegaskan bahwa hak-hak mereka sebagai warga negara tetap dihormati meskipun sedang menjalani masa hukuman. “Kami memberikan akses yang sama kepada seluruh warga binaan untuk menggunakan hak pilih mereka. Ini adalah bagian dari upaya rehabilitasi yang kami lakukan di lapas ini,” ujarnya.

Sementara itu, atmosfer di Lapas Pamekasan terlihat tenang dan tertib. Para warga binaan tampak antusias mengikuti proses Pemilu, dengan beberapa di antaranya memberikan kesaksian bahwa mereka sangat menghargai kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi negara.

Tidak hanya itu, para petugas lapas juga memberikan pendampingan dan bantuan teknis kepada warga binaan yang membutuhkan bantuan dalam proses pemungutan suara. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap suara yang diberikan memiliki nilai yang sama dan sah.

“Kami sangat mengapresiasi kerja keras semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 di Lapas Pamekasan ini menunjukkan komitmen kita bersama dalam memastikan hak politik setiap warga binaan dijalankan secara adil dan transparan,” ujar Kalapas Pamekasan, Seno Utomo.

Pada akhirnya, pelaksanaan Pemilu di Lapas Pamekasan dapat menjadi contoh tentang pentingnya menghormati hak asasi setiap warga binaan. Kondisi kondusif yang tercipta di dalam lapas ini menunjukkan bahwa meskipun berada dalam situasi terbatas, semangat demokrasi tetap berkobar di hati setiap individu

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x