x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Lantaran Aplikasi Sirekap KPU Eror, Perhitungan Rekapitulasi Suara Ditingkat Kecamatan Baturaja Timur OKU Sumsel Dihentikan

waktu baca 2 menit
Senin, 19 Feb 2024 10:24 0 471 AGUS MAULANA

Liputan4.com sumatera selatan – Baturaja, Perhitungan suara di Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan yang meliputi wilayah diantaranya : Kelurahan Kemalaraja, Desa Tanjung Baru, Desa Air Paoh, Kelurahan Pasar Baru, Kelurahan Sukajadi, Kelurahan Sukaraya, Kelurahan Sepancar Lawang Kulon, Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Desa Terusan, Desa Tanjung Kemala, Kelurahan Baturaja Permai, Kelurahan Baturaja Lama dan Kelurahan Sekarjaya yang dimulai dari hari Sabtu, (17/02/2024) ditunda atau dihentikan perhitungan suara yang telah dihadiri oleh saksi – saksi dari Partai dan saksi – saksi dari para Caleg Partai serta Panitia Pengawas (Panwas) pada hari Minggu malam Senin, (18/2024) sekira Pukul. 21.35. WIB.

Adanya penundaan atau penghentian perhitungan rekapitulasi suara dilakukan lantaran diketahui informasi yang diperoleh awak Liputan4.com saat berada dilokasi dikarenakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) mengalami masalah.

Sirekap adalah suatu aplikasi yang digunakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memasukan atau mendokumentasikan formulir hasil dari perhitungan suara ditempat pemunggutan suara ditempat pemunggutan suara (TPS) dan mengirimkan ke jenjang selanjutnya.

Heridadi, AK., S.Pd., Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Baturaja Timur mengatakan, jalannya proses perhitungan rekapitulasi ditingkat kecamatan Baturaja Timur sudah kita mulai dari hari Sabtu kemarin dan dimulai lagi dari sejak pagi tadi. Namun, aplikasi Sirekap yang kita gunakan eror setelah kita istirahat dan dilakukan kembali pada malam ini.

“Kita semua sedang bekerja lancar – lancarnya, tiba – tiba aplikasi eror dan terpaksa pekerjaan ini kita tunda atau dihentikan sementara. Terkait Penundaan ini, Kita juga sudah mendapatkan informasi dari KPU Kabupaten OKU kalau aplikasi Sirekap yang digunakan sedang bermasalah dan semua perhitungan rekapitulasi di seluruh Kecamatan yang ada di Indonesia di skor atau ditunda bukan di daerah kita saja,”ujar Heridadi kepada Liputan4.com.

” Kita masih menunggu Tim information technology (IT) saat ini sedang melakukan sistem dan perbaikan, untuk pelaksanaan perhitungan rekapitulasi selanjutnya belum tahu sampai kapan. Yang jelas sampai batas waktunya belum dapat dipastikan,”ungkap Heridadi.

“Penundaan atau penghentian perhitungan rekapitulasi pada malam ini sudah kita buatkan berita acaranya untuk kita sampaikan ke KPU OKU,”kata Heridadi.

“Kita semua dari PPK Baturaja Timur akan menunggu jadwal ulang kembali perhitungan rekapitulasi suara akibat aplikasi Sirekap eror secara nasional. PPK Baturaja Timur akan memberikan undangan baru lagi kepada semua saksi dan panitia pengawas (Panwas),”pungkas Heridadi.

Meskipun adanya kekecewaan dari penundaan atau skorsing perhitungan rekapitulasi yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kecamatan Baturaja Timur, kondisi dilapangan aman dan tertib tanpa ada protes apapun.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x