x

Kongres SPS,  Duet Ketum Januar P. Ruswita  dan  Sekjen Asmono Wikan Didukung Penuh

waktu baca 4 menit
Minggu, 5 Feb 2023 20:45 0 306 Redaksi

 

Liputan4.Com – Jakarta,
Serikat Perusahaan Pers (SPS) turut memeriahkan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Sumatera Utara, dengan menggelar Kongres ke-26 dan Seminar Media, Selasa, 7 Februari 2023. Organisasi yang sebentar lagi memasuki usia 77 tahun ini akan memilih ketua umum dan jajaran pengurus baru.
Dalam Kongres SPS,  Duet Ketum Januar P. Ruswita  dan  Sekjen Asmono Wika Didukung Penuh para pengurus cabang. Harapan kita dalam pemilihan nanti bisa aklmasi untuk meneruskan organisasi pemilik media cetak ini.
“Kita berharap pemilihan nanti aklamasi dan kiprahnya Ketua Harian Januar P. Ruswita  dan  Sekjen Asmono Wika harus ddukung Penuh dan tak diragukan dalam menjalan dan menggerakan SPS selama ini dan yang akan datang, ” tegas sekretaris SPS Sumut Rianto Ahgly.
Ketua Umum dan Pengurus SPS yang baru akan ditentukan oleh SPS provinsi se-Indonesia, yang mewakili seluruh anggota SPS, terdiri dari lk.600 anggota media arus utama. Sementara untuk SPS Provinsi yang menyatakan kehadiran di Kongres kali ini sebanyak 21, yakni SPS dari wilayah Barat: Nanggroe  Aceh Darussalam (NAD), SPS Sumatera Utara, SPS Riau, SPS Kepulauan Riau, SPS Bengkulu, SPS Jambi, SPS Sumatera Selatan, SPS Lampung, SPS Banten, SPS Jawa Barat, SPS Jawa Timur, SPS Kalimantan Tengah.

Sementara dari wilayah tengah Indonesia yang hadir yakni SPS Bali, SPS Nusa Tenggara Barat, SPS Kalimantan Selatan, SPS Kalimantan Timur, SPS Sulawesi Utara, SPS Sulawesi Tengah, SPS Sulawesi Selatan, serta SPS Sulawesi Tenggara. Kemudian perwakilan dari wilayah Timur yaitu SPS Maluku Utara.

Sementara itu Seminar Media akan menghadirkan beberapa pembicara, yakni Agung Dharmajaya (Wakil Ketua Dewan Pers), Januar P. Ruswita (Ketua Harian SPS Pusat, Direktur Pikiran Rakyat), dan sosok muda berprestasi dari Sumatera Utara, yakni Fara Amelia Lubis (Duta Duta Utama Putri Mahasiswa USU (2010 – 2016), Duta Bahasa Pelajar Favorit Sumatera Utara 2020.

Kegiatan Kongres dan Seminar Media yang akan dilaksanakan SPS di Hari Pers Nasional mengusung tema besar “Kolaborasi dan Inovasi untuk Kemandirian Pers Indonesia”. Tema tersebut diangkat untuk menegaskan semangat dari para pejuang industri pers dalam mengarungi dinamika perkembangan zaman yang penuh ketidakpastian. Semangat untuk senantiasa berkolaborasi, semangat untuk terus berinovasi. Juga sebagai komitmen SPS dalam menjaga marwah, kemandirian pers, agar dapat terus menjalankan perannya sebagai bagian dari pilar demokrasi.

“Kongres SPS diharapkan bisa menghasilkan penyempurnaan PD PRT yang bisa memungkinkan industri media nasional bisa lebih dinamis menghadapi perkembangan zaman. Kemudian kongres ini juga bisa menghasilkan rekomendasi program kerja yang tepat untuk mempertahankan eksistensi industri media agar sehat, mandiri, dan berkelanjutan, sehingga mampu menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas dan bertanggung jawab,” ujar Januar P. Ruswita, Ketua Harian SPS Pusat.

***

Tentang SPS
76 tahun silam, tepatnya 8 Juni 1946, tokoh-tokoh, pendiri perusahaan-perusahaan pers nasional berkumpul di Yogyakarta untuk mengikrarkan berdirinya Serikat Penerbit Suratkabar (SPS). Organisasi ini menjadi alat perjuangan dalam menjaga kedaulatan Republik Indonesia melalui pers. Salah satu momentum terpenting SPS terjadi tahun 2011, saat Kongres di Bali. Di mana organisasi ini bertransformasi seiring perkembangan bisnis anggota-anggotanya. Menjadi bukan sekedar organisasi penerbit media cetak dan mengubah brand Serikat Penerbit Suratkabar menjadi Serikat Perusahaan Pers.

Saat ini SPS memiliki 30 cabang provinsi yang di seluruh Indonesia, dengan lk. 600 anggota perusahaan pers. Mayoritas berasal dari media cetak arus utama yang sudah mengembangkan bisnis persnya ke berbagai platform.

Susunan Pengurus SPS Pusat Periode 2019 – 2023
Dewan Pertimbangan
Ketua : Dahlan Iskan
Wakil Ketua : Basril Djabar
Sekretaris : Ahmad Djauhar
Anggota : Chairul Tanjung
Anggota : Hary Tanoesoedibyo
Anggota : Budiono Darsono
Anggota : H. Gusti Rusdi Effendi AR
Anggota : Irfan Ramli
Anggota :Agung Sudarya

Dewan Pimpinan
Ketua Umum : H. M. Alwi Hamu
Wakil Ketua Umum I : Rikard Bagun
Wakil Ketua Umum II : ABG Satria Naradha
Ketua I : Toriq Hadad (alm.)
Ketua II : Suryopratomo
Ketua III : Auri Jaya
Ketua IV : Bambang Santoso
Ketua V : Mira Djarot
Ketua VI : Tri Putra Toana

Pengurus Harian
Ketua : Januar Primadi Ruswita
Sekretaris Jenderal : Asmono Wikan
Wakil Sekretaris Jenderal : Pung Purwanto
Bendahara : H. Muhammad Ridwan Arif
Wakil Bendahara : Zetta Saraswati

Ketua-ketua Bidang
Ketua Bidang Organisasi : H. Syafriadi
Ketua Bidang Anggota dan Pers Daerah : Suhendro Boroma
Ketua Bidang Riset : Irwa Zarkasiy
Ketua Bidang Pendidikan : Syamsuddin Hadi Sutarto
Ketua Bidang Advokasi : Nelson Daniel Boling
Ketua Bidang Luar Negderi : Arief Budisusilo.(Abdi)

Judul: Kongres SPS,  Duet Ketum Januar P. Ruswita  dan  Sekjen Asmono Wikan Didukung Penuh
Terbit juga di: LIPUTAN4.COM.
Reporter: Abdi Sumarno

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x
x