Kapolres Maros AKBP AWALUDDIN AMIN, S.I.K Terima Penghargaan Sebagai Warga Adat Dari Karaeng Marusu Dan Turikale

Kapolres Maros Akbp Awaluddin Amin, S.i.k Terima Penghargaan Sebagai Warga Adat Dari Karaeng Marusu Dan Turikale

Liputan4.com MAROS – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Maros, AKBP Awaluddin Amin diberi penganugrahan sebagai warga adat Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan pada Kamis siang (28/7/2022).

Penganugrahan sebagai warga adat Maros kepada Kapolres Maros ini bertempat di Balla Lompoa Kassi Kebo Kelurahan Baju Bodoa Kecamatan Maros Baru, Sulawesi Selatan.


Penganugrahan ini diberikan oleh dua tokoh adat di Maros, yakni Karaeng Turikele ke-8, Brigjen Pol Purn Dr H Andi Ahmad A Mapparessa MSi dan Karaeng Marusu ke-24, Drs Andi Abdul Waris Tajuddin Karaeng Sioja.

Penganugrahan warga adat kepada Kapolres Maros ini turut dihadiri Karaeng Siang Pangkep Andi Hayatuddin Karaeng Pabali, Datu Pamana Wajo Andi Syahrazak, Datu Pallanro Barru Datu Sompa Bau Sada Potto, Karaeng Bulukumba Andi Rahmat Ansaruddin Karaeng Tinggi, Karaeng Tanah Beru Bulukumba Andi Paminery Karaeng Tawa dan Karaeng Kajang Mansyur Emba.

Datu Soppeng Andi Tantu Ghalib, Karaeng Sanrro Bone Takalar Andi Ali Malombassi Karaeng Nyengka, Karaeng Laikang Takalar Andi Sukwansyah Karaeng Nojeng, Karaeng Gallesong Takalar Karaeng Gassing, Karaeng Bangkala Jeneponto Andi Syaiful Mustamu Karaeng Moncong dan Pappuengeng Aju Arekkeng Datu ri Soppeng, Karaeng Bahtiar, Pemangku Adat Bantaeng, Andi Bau Maseepe, juga ada dari Kedatuan Suppa.

Selain itu hadir juga akademisi atau cendikiawan, Prof Dr Aminundin Salle (Guru Besar Unhas), Prof Dr Muhammad Asdar (Rektor Universitas Cokroaminoto Makassar), Prof Dr M Yusran Yusuf (Ketua Tim Percepatan Pembanguna Kota Makassar), Prof Dr Halilintar Latief (Guru Besar Universitas Negeri Makassar).

Turut hadir dari instansi pemerintahan Kabupaten Maros, Bupati Maros yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan, Agustam, Ketua Pengadilan Negeri Maros Andi Nurmawati, Camat Turikale Andi Muhammad Rizwan Akbar SSTP, Camat Marusu Suwardi, Camat Maros Baru Andi Irfan Paharuddin, Camat Tanralili Sudarmin, hadir pula Lurah Bontoa Mandai, M Ilham Halim Syah dan Lurah Allepolea Lau, Abdul Muis, selaku pengurus Dewan Adat Kekaraengan Turikale.

Serta Wakapolres Maros, Kompol H Andi Tonra Lipu, Kapolsek Lau AKP Makmur SSos, Kasat Intelkam Polres Maros, Iptu Lukman H Husen SSos, para perwira jajaran Polres Maros dan tokoh masyarakat lainnya.

Dalam acara penganugrahan sebagia warga adat Maros ini terdapat beberapa rangkaian acara, diantara, Kapolres Maros bersama istri disambut dengan tari angngaru massal dan tari paduppa. Kapolres Maros bersama istri dipersilahkan untuk naik ke rumah adat selanjutnya penobatan dn penjamuan warga adat dilanjutkan dengan prosesi Bembeng Pappakalompoa yang artinya perjamuan makan.

Kapolres Maros juga mengungkapkan rasa hormat dan terima kasih kepada Karaeng Marusu dan Karaeng Turikale atas perkenaanya telah memberikan penganugrahan sebagai warga adat Maros serta berterimah kasih kepada seluruh Tau Malebbi yang hadir.

“Bagi saya ini merupakan tanggung jawab moral untuk menjaga nama baik serta sama-sama mengharumkan gelar kehormatan ini dalam pengabdian terhadap masyarakat, bangsa dan negara dan marilah kita menjalin hubungan baik, supaya apa yang dicita-citakan bisa menjadi kenyataan,“ ucap AKBP Awaludin Amin.

Sementara itu, Karaeng Turikele Brigjen Pol Purn Dr H Andi Ahmad A Mapparessa menyampaikan, acara ini ini juga merupakan silaturrahim khususnya kepada para yang mulia raja-raja dan tokoh adat yang hadir.

“Kita hidupkan tradisi dari para leluhur apabila ada tamu dan itu merupakan keluarga maka kita adakan acara adat. Manusia harus bermanfaat bagi sesamanya, saya juga menitipkan harapan kepada Kapolres Maros agar Polres Maros memberantas narkoba dan geng motor serta pembusuran yang marak terjadi. Kami warga adat siap mendukung dan membantu tugas Kapolres Maros sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat” ungkap Andi Ahmad yang juga Ketua Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN).

Diakhir kegiatan ditutup dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan silaturrahmi