x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

KALEMDIKLAT POLRI LEPAS PEMBERANGKATAN GLADI WIROTTAMA SIP ANGKATAN 52 TA. 2023

waktu baca 3 menit
Rabu, 10 Mei 2023 17:48 0 454 ABDI SUMARNO

 

Liputan4.Com – Sukabumi, Kalemdiklat Polri Komjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si. melepas pemberangkatan pelaksanaan rangkaian Gladi Wirottama siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke 52 TA. 2023 Resimen Rahesa Aditya Diandra (RAD), yang bertempat di Lapangan Soetadi Ronodipuro pada Selasa (09/05/2023) pagi.

Gladi Wirottama merupakan latihan yang dilaksanakan oleh peserta didik SIP, sebagai puncak atau akhir dari rangkaian proses pembelajaran tahap pertama masa dasar keperwiraan yang diselenggarakan oleh Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa).

Gladi Wirottama juga sebagai sarana latihan pengembangan diri untuk membentuk watak kepemimpinan dengan sasaran latihan melatih ketahan fisik, ketahanan mental untuk mentaati aturan disiplin dan kejuangan, melatih kemampuan pengendalian diri dalam setiap tindakan, pemecahan masalah dan berfikir kreatif, penanaman jiwa kebersamaan dan rasa kesetiakawanan, meningkatkan jiwa juang, melatih kemampuan dan keterampilan manajerial tingkat dasar, percaya diri dan percaya kepada tim, serta menanamkan rasa bangga sebagai peserta didik di Setukpa Lemdiklat Polri.

Kegiatan Gladi Wirottama dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 9 Mei 2023 sampai dengan 11 Mei 2023, dengan jarak tempuh latihan ekspedisi darat hari pertama menempuh jarak 24 KM, hari kedua 26 KM dan hari ketiga 14 KM.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan Gladi Wirottama, bertindak sebagai inspektur upacara Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum.

Rangkaian berikutnya yaitu acara pemberangkatan Gladi Wirottama, yang diawali dengan arahan Kalemdiklat Polri Komjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si kepada seluruh peserta latihan, yang dalam arahannya beliau berpesan jaga ketertiban disepanjang jalur latihan, tetap disiplin dan semangat, jadikan medan dan cuaca sebagai tantangan yang harus dilewati, ukur kemampuan dan kekuatan diri serta pertahankan keutuhan kelompok sampai proses latihan selesai, ujar Kalemdiklat Polri

Tanggal 4 Oktober 2023 nanti para peserta didik akan dilantik menjadi perwira Polri, berkiprahlah sebagai perwira yang mewarnai institusi khususnya dalam menyambut pemilu tahun depan, jadilah perwira yang tanggap, tanggon dan trengginas, pungkas Jenderal bintang tiga yang kini didapuk sebagai pemegang tongkat komando di lembaga pendidikan dan pelatihan Polri.

Setelah memberikan arahan Kalemdiklat Polri melepas para siswa untuk melaksanakan latihan dihari pertama, didampingi oleh Wakalemdiklat Polri Irjen Pol Drs. Eko Budi Sampurno, M.Si beserta pejabat utama Lemdiklat Polri, Kasetukpa dan para pejabat utama Setukpa berikut Ketua Bhayangkari PG 04 Lemdiklat Polri dan Ketua Bhayangkari Cab 04 Setukpa turut serta mendampingi para siswa dalam kegiatan ekspedisi darat pada hari pertama.

Ditengah rute perjalan Kalemdiklat Polri beserta rombongan melaksanakan bhakti sosial dengan membagikan 600 paket makanan kepada para siswa sekolah dasar yang bertempat di SD Negeri Babakan Pari.

Pada kesempatan bhakti sosial tersebut ibu Ketua Bhayangkari PG 04 Lemdiklat Polri Ny. Sarie Purwadi Arianto menyempatkan diri menyapa dan bergabung dengan anak anak sekolah SD Negeri Babakan Pari serta memberikan motivasi untuk semangat belajar dan jangan pernah meninggalkan sholat agar kelak anak anak menjadi orang yang sukses dimasa depan.

Kegiatan bhakti sosial ini mendapatkan sambutan yang sangat antusias dari seluruh siswa SD Negeri Babakan Pari beserta para gurunya, dan mereka merasa bangga dan senang dapat dikunjungi serta mendapatkan bingkisan dari Kalemdiklat Polri beserta rombongan dan siswa Setukpa Lemdiklat Polri.(Abdi)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x