x

Inovasi Papi Ah Berhasil Biasakan Masyarakat Pilah Sampah Dari Rumah

waktu baca 2 menit
Sabtu, 16 Sep 2023 21:28 0 258 JONI BARUS

Medan,Liputan 4.com-
Sebagai upaya mendorong kesadaran masyarakat untuk memilah sampah dari rumah, Kecamatan Medan Deli membuat inovasi Patroli Pilah Sampah (Papi Ah). Program penanganan sampah yang baru diluncurkan ini terbukti berhasil membiasakan masyarakat untuk memilah sampah dari rumah masing-masing.

Camat Medan Deli, Indra Utama saat ditemui, Sabtu (16/9) mengatakan petugasnya secara rutin melakukan Patroli Pilah Sampah (Papi Ah) kepada masyarakat agar melakukan pemilahan sampah dari rumah masing-masing sebelum dibuang ketempat sampah.

“Setelah kita lakukan sosialisasi, setiap hari sabtunya kita berkolaborasi bersama Bank Sampah menjemput sampah yang sudah terpilah untuk dikumpulkan dan ditimbang. Sampah yang dijemput dapat berupa botol plastik, kaca, kertas maupun kardus,”kata Indra Utama.

Dari hasil sampah yang sudah dipilah itu, kata Indra Utama masyarakat mendapatkan keuntungan dalam bentuk sejumlah uang tunai.

“Jadi Bank Sampah langsung menyerahkan sejumlah uang kepada masyarakat sesuai dengan jumlah sampah yang sudah ditimbang sebelumnya, artinya masyarakat juga mendapatkan keuntungan dari pemilahan sampah ini,”ujar Indra Utama.

Dengan adanya inovasi Papi Ah ini Indra Utama berharap dapat mengurangi jumlah sampah rumah tangga yang dibuang ke TPA, selain itu juga memberikan edukasi bagi masyarakat pentingnya pemilahan sampah.

“otomatis sampah yang sudah dipilah tidak langsung dibuang ke TPA melainkan dapat di daur ulang kembali,”pungkasnya seraya mengatakan inovasi ini diluncurkan guna mendukung program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution di bidang kebersihan.

Manfaat dari inovasi Papi Ah ini sudah dirasakan oleh Saur Nainggolan. Masyarakat Kecamatan Medan Deli tersebut mengaku menjadi terbiasa memilah sampah yang ada dirumahnya. Apalagi dirinya juga mendapatkan keuntungan dari sampah tersebut.

“Keuntungan yang saya dapatkan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,”ungkapnya.

Tidak hanya masyarakat, pengelolah Bank Sampah juga mengaku mendapatkan keuntungan dari inovasi Papi Ah tersebut. Thamrin yang merupakan pengelolah Bank Sampah merasa terbantu karena dapat memanfaatkan sampah rumah tangga secara tepat sasaran.

“Kami sangat terbantu dengan inovasi yang dibuat oleh Kecamatan Medan Deli. Ini membuktikan Camat Medan Deli tidak hanya memberikan pembinaan kepada Bank Sampah tetapi juga membantu kami berhubungan langsung dengan masyarakat,”ucapnya.(JB)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x