x
HARI KARTINI

H.Sahlan,M.Pd: 5 Tahun Tugas Zul-Rohmi SMKN 2 Selong Banyak Mengukir Prestasi, Melalui 11 Strategi SMK Gemilang Karya.

waktu baca 4 menit
Sabtu, 16 Sep 2023 01:07 0 352 MAKBUL

Liputan4.com – Lombok Timur NTB – SMKN 2 Selong merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB. Sekolah ini telah mengalami banyak kemajuan dan prestasi selama lima tahun terakhir, sejak tahun 2018 hingga 2023, di bawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Bapak DR. Zulkieflimansyah dan Ibu Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd.

Beberapa prestasi yang diraih oleh SMKN 2 Selong antara lain adalah:

Menjadi SMK PK (Pusat Keunggulan) tahun 2022 dan akan menjadi SMK BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) tahun 2023. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah ini memiliki kualitas pendidikan yang tinggi dan mampu mengelola keuangan secara mandiri.

Memperoleh Juara 1 LKS (Lomba Kompetensi Siswa) Tingkat Provinsi Bidang Hotel Resepsionis dan Juara 1 LKS Tingkat Provinsi Bidang Fashion Teknologi. Kedua bidang ini merupakan bidang unggulan yang dimiliki oleh SMKN 2 Selong dan sesuai dengan kebutuhan industri pariwisata dan kreatif di NTB.

Juara 2 dan 3 Debat Bahasa Inggris tingkat kabupaten Lombok Timur. Prestasi ini menunjukkan bahwa siswa SMKN 2 Selong tidak hanya memiliki keterampilan vokasional, tetapi juga memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik.

Mewakili NTB mengikuti jambore nasional di Jakarta. Jambore nasional merupakan ajang silaturahmi dan pertukaran pengalaman antara siswa SMK se-Indonesia. SMKN 2 Selong berhasil menjadi salah satu perwakilan NTB yang berkesempatan mengikuti acara ini.

Memperoleh Penghargaan kategori Sekolah Teraktif di Anugerah Istimewa Sekolah 2023. Penghargaan ini diberikan kepada sekolah yang memiliki aktivitas dan kegiatan yang beragam dan berkualitas, serta mampu melibatkan siswa dalam berbagai kegiatan positif.

Memperoleh Juara 1 Pencak Silat putra dan juara 1 Atletik putri di O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) tingkat Kabupaten. Prestasi ini menunjukkan bahwa siswa SMKN 2 Selong tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga dalam bidang olahraga.

Selain prestasi-prestasi tersebut, SMKN 2 Selong juga telah melaksanakan berbagai program inovatif yang mendukung visi NTB Gemilang Karya, yaitu:

Satu siswa satu usaha. Program ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kewirausahaan kepada siswa, sehingga mereka dapat menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri dan orang lain. Setiap siswa diwajibkan untuk memiliki usaha sendiri, baik produk maupun jasa, yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang mereka pelajari di sekolah.

Pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, kolaborasi, dan pemecahan masalah siswa, dengan memberikan mereka tugas-tugas yang berorientasi pada proyek nyata atau permasalahan aktual di masyarakat. Dengan demikian, siswa dapat belajar secara aktif dan mandiri, serta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

Menghadirkan guru tamu dan magang guru (Upskilling). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru-guru SMKN 2 Selong, dengan memberikan mereka kesempatan untuk belajar dari para ahli di bidangnya, baik dari dalam maupun luar negeri. Guru-guru juga diberi kesempatan untuk magang di industri atau lembaga terkait, sehingga mereka dapat mengupdate pengetahuan dan keterampilan mereka sesuai dengan perkembangan zaman.

LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi). Program ini bertujuan untuk memberikan sertifikat kompetensi kepada siswa dan guru SMKN 2 Selong, yang diakui oleh pemerintah dan industri. Dengan memiliki sertifikat ini, siswa dan guru dapat meningkatkan kredibilitas dan peluang kerja mereka di pasar kerja.

Link and Match. Program ini bertujuan untuk menjalin kerjasama antara SMKN 2 Selong dengan berbagai pihak, seperti industri, perguruan tinggi, pemerintah, masyarakat, dan media. Dengan adanya kerjasama ini, sekolah dapat mendapatkan dukungan dalam hal sumber daya manusia, sarana dan prasarana, bantuan dana, serta promosi dan publikasi.

Wisata belajar. Program ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna kepada siswa SMKN 2 Selong, dengan mengajak mereka untuk mengunjungi berbagai tempat yang relevan dengan bidang keahlian mereka, seperti hotel, pabrik, museum, galeri, atau tempat wisata. Dengan demikian, siswa dapat melihat langsung penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia nyata, serta mengenal budaya dan potensi daerah yang mereka kunjungi.

Sabtu budaya. Program ini bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal NTB, dengan mengadakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan seni, budaya, dan tradisi setiap hari Sabtu. Kegiatan-kegiatan ini meliputi tari, musik, teater, sastra, kuliner, kerajinan tangan, dan lain-lain. Dengan demikian, siswa SMKN 2 Selong dapat mengenal dan menghargai warisan budaya bangsa, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Dengan berbagai prestasi dan program inovatif yang telah dilakukan oleh SMKN 2 Selong selama lima tahun terakhir, sekolah ini telah membuktikan bahwa mereka adalah salah satu sekolah unggulan di NTB yang mampu mencetak generasi muda yang berkompeten, kreatif, mandiri, dan berbudi luhur. Semoga SMKN 2 Selong dapat terus berprestasi dan berinovasi di masa depan.(bul)

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ULTAH PULAU TALIABU
RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x