H. Nanang Ermanto Serahkan Bantuan Alsintan di Gerakan Penanaman Padi Serentak di Palas

H. Nanang Ermanto Serahkan Bantuan Alsintan Di Gerakan Penanaman Padi Serentak Di Palas

Liputan4 com. Palas, Lampung Selatatan.

Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, bersama Uspinda Hadiri gerakan Penanaman padi serentak di Palas,Jum’at (22/07/2022)


Gerakan penanaman padi serentak di Desa Pulau jaya Kecamatan Palas pada musim tanam gadu 2022, dilakukan petani yang tergabung di masing- masing gaboktan di kecamatan Palas.

Bupati di dampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Lamsel, Bibit Purwanto bersama para pimpinan Uspida, Camat Palas beserta Uspicam palas, para kepala desa dan Seluruh gaboktan.

H. Nanang Ermanto Serahkan Bantuan Alsintan Di Gerakan Penanaman Padi Serentak Di Palas

Selain melakukan penananan padi secara serentak bupati juga menyerahkan bantuan alsintan berupa, Rice Mining Unit, Combine Harvester, UV Dryer dan 8 buah Hand traktor roda dua kepada sejumplah kelompok tani ( Poktan) di kecamatan palas.

Menurut Nanang di sela-sela menyerahkan Alsintan menuturkan “ini bentuk keperdulian pemerintah lampung selatan di sektor pertanian demi ketahanan pangan di lamsel dengan sumber dana bersumber dari APBD,” ucap Nanang

Nanang juga meminta para Poktan agar berinovasi di sektor pertanian sebagai wujud ikut mendorong pengembangan sektor pertanian yang menjadi penopang perekonomian didaerah.

Selanjutnya pada kegiatan gerakan tanam padi serentak ini Namang berharap bisa berdampak kepada keberhasilan para petani di dalam meningkatkan hasil panen padi.
Kabupaten Lamsel merupakan salah satu daerah sentra produksi padi untuk Provinsi Lampung dan Nasional. Sehingga, hasil produksi padi harus dipertahankan

” Saat ini penerintah juga menyediakan angsuransi bagi para petani mengingat saat ini, baik pusat maupun daerah memberikan perhatian penuh kepada masyarakat petani. Untuk itu, saya berharap seluruh bantuan yang diterima, agar dapat dirawat dengan baik dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Lamsel, Bibit Purwanto dalam pemaparan nya melihat kondisi pertanian di palas mengatakan saat ini luas lahan sawah di Lamsel mencapai 38.688 hektare dengan produktivitas terakhir pada 2021 rata-rata 6,4 ton per hektare.

“Pada 2020 luas panen mencapai 54.762 hektare dengan produksi 311.668 ton atau produktivitas 5,6 ton per hektare. Sedangkan, pada 2021 luas panen hanya 51.178 hektare dengan produksi 330.325 ton atau produktivitas 6,4 ton per hektare. Artinya, ada kenaikan cukup siginifikan,” kata dia.

Dia mengatakan kegiatan gerakan tanam serentak tersebut dilaksanakan di areal sawah seluas sekitar 400 hektare. Kegiatan itu bertujuan untuk mendukung percepatan tanam padi sawah pada musim tanam II tahun ini

“Tanam serantak ini merupakan kegiatan tahunan yang masuk kalender of event, untuk kecamatan Palas sendiri yang akan di tanam 400 hektare ada yang mulai tanam dan ada yang masih membajak. Untuk di Kecamatan Palas ini rata-rata produksi mencapai 7-7,5 ton per hektare,” kata dia.

Print Friendly, Pdf & Email