Euforia Perayaan HUT RI Ke-77, Warga RW. 14 Desa Cibiru Hilir Gelar Upacara Bendera

Euforia Perayaan Hut Ri Ke-77, Warga Rw. 14 Desa Cibiru Hilir Gelar Upacara Bendera

LIPUTAN4.COM, BANDUNG – Euforia masyarakat merayakan hari kemerdekaan RI kembali menggaung di berbagai wilayah di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya adalah warga RW. 14 Perum Bumi Harapan, Desa Cibiru hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Masyarakat di Perum Bumi Harapan RW. 14 tersebut menggelar upacara bendera pengibaran sang saka merah putih tepat pada tanggal 17 Agustus untuk memperingati HUT RI ke-77.


Bertempat di Lapangan bola volly, puluhan warga dengan memakai aneka kostum dari 5 rukun tetangga berkumpul menggelar upacara bendera merah putih yang diinisiasi oleh Karang Taruna RW.14, mereka khidmat mengikuti seluruh rangkaian upacara sampai akhir.

Euforia Perayaan Hut Ri Ke-77, Warga Rw. 14 Desa Cibiru Hilir Gelar Upacara Bendera
Ket : Saat Saat Pengibaran Bendera Merah Putih Di Lingkungan Rw. 14 Perum Bumi Harapan, Rabu (17/08).

Ketua Karang Taruna RW. 14 dan sekaligus ketua pelaksana, Jagad Tahari, kepada awak media liputan4.com menyampaikan bahwa setelah dua tahun dilanda pandemi covid-19 sama sekali tidak ada kegiatan, tahun ini pihaknya sengaja menggelar berbagai acara salah satunya upacara bendera pengibaran merah putih ini.

” Selama dua tahun pandemi covid-19 melanda bangsa ini, kita sama sekali tidak ada kegiatan. Di tahun 2022 ini pihaknya sengaja menggelar berbagai acara, salah satunya pengibaran upacara bendera merah putih, ” ucap Jagad Tahari saat ditemui seusai upacara, Rabu (17/08/2022).

Kami sengaja mengadakan pengibaran upacara bendera merah putih, agar di HUT RI ke-77 ini menjadi momentum bagi kami semua untuk merefleksi diri, sekaligus berdoa dan mengenang jasa-jasa para pahlawan,” ungkapnya.

Lanjut Jagad, kami mengajak kepada semua warga untuk bisa bangkit, kembali pulih bersama Tunas Muda 14. Dimana semangat perjuangan dari para pahlawan dulu, bisa menular kepada kami para Tunas Muda. Sehingga semangat dan daya juang kami Tunas Muda 14 juga bisa menular kepada warga masyarakat RW. 14.

Selain upacara bendera, kata Jagad, kami juga menggelar lomba-lomba agustusan, yang akan melibatkan semua kalangan dari mulai anak-anak sampai orang tua. Dan puncak acaranya akan di gelar pada tanggal 24 September 2022.

Masih kata Jagad, tema untuk kegiatan memperingati HUT RI ke-77 di RW. 14 ini adalah ” Pulih dan kembali bersama dengan generasi baru dan semangat baru Tunas Muda 14 “.

Sementara itu, di tempat yang sama Ketua RW. 14, H. Iyus Rusmana, SE mengatakan bahwa semua kegiatan memperingati HUT RI ke-77 tahun 2022 ini berawal dari ide Karang Taruna RW.14 yang di sebut Tunas Muda 14.

” Berawal dari ide Karang Taruna RW. 14, kegiatan memperingati HUT RI ke-77 bisa di laksanakan, salah satunya upacara bendera merah putih ini, ” ucap sang Ketua RW. 14.

Beliau menjelaskan, selama dua tahun pandemi covid-19 yang melanda dunia, masyarakat tidak bisa melaksanakan aktivitas dengan normal. Alhamdulilah di tahun ini kita bisa melakukan berbagai kegiatan dengan normal, untuk itu bersama para Tunas Muda 14, kita bisa menggelar berbagai kegiatan dan lomba dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 tahun 2022.

Dimana usia kita semakin bertambah tua, generasi mudalah yang harus memegang peranan penting dalam berbagai kegiatan di masyarakat. Dimana generasi muda saatnya untuk berkarya, berkreasi dan berprestasi, ” tandas Iyus Rusmana.

Sebagai Ketua RW. 14, ungkap Iyus Rusmana, saya akan terus memberikan dukungan dan support untuk kemajuan dan kebersamaan di lingkungan RW. 14.

” Saya melihat nilai-nilai kepedulian warga sudah agak menurun, untuk itu saya berharap mari di HUT RI ke-77 selain mengenang dan meneladani spirit para pahlawan, momen ini menjadi momentum bagi semua pihak untuk berefleksi diri untuk kembali meningkatkan nilai-nilai kepedulian, solidaritas, dan kebersamaan di antara warga dari mulai RT. 01 s/d RT. 05. Sehingga terwujud kekompakan di lingkungan RW. 14 yang kita cintai ini, yang pada akhirnya akan terbentuk nilai kesatuan dan persatuan yang kuat di antara warga, ” pungkasnya.

Penulis : kuswandi