x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Dorong UMKM dan Industri Kreatif, Disparbud Trenggalek Gelar Gebyar Rumaket Greget

waktu baca 3 menit
Minggu, 27 Nov 2022 14:45 0 278 Redaksi

Dorong UMKM dan Industri Kreatif, Disparbud Trenggalek Gelar Gebyar Rumaket Greget 

Liputan4.com,Trenggalek – Pemkab Trenggalek melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar gebyar ekonomi kreatif bertajuk “Rumaket Greget” bertempat di halaman Pasar Pon Trenggalek, Sabtu (26/11) malam. 

Kegiatan ini sebagai upaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Trenggalek, bersinergi dengan komunitas-komunitas yang ada sehingga kreativitas dapat terus maju dan berkembang yang tentunya dapat berdampak secara ekonomi.

Sekda Trenggalek Edy Soepriyanto mengatakan, ekonomi baru yang mengintensifkan informasi, kreatifitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumberdaya manusia sebagai faktor produksi yang utama, tentunya dapat mendukung potensi yang dimiliki Kabupaten Trenggalek bisa terus maju dan berkembang. 

“Pada malam hari ini Alhamdulillah kita bisa menggelar gebyar ekonomi kreatif dan pemberian apresiasi kepada pengelola desa wisata. Harapannya ekonomi kreatif itu bisa terus dikembangkan,” kata Edy Soepriyanto. 

Lanjutnya, kita punya potensi yang luar biasa, seniman banyak, budayawan juga banyak,” katanya. 

Menurutnya, olah kreatif lainnya juga sangat potensial. Ini bisa mendongkrak secara ekonomi Kabupaten Trenggalek.

“Terus juga dengan Program Sadewa (Seratus Desa Wisata), pada tahun 2022 ini kita mengapresiasi pembina pengelola 35 desa wisata di Kabupaten Trenggalek,” ucapnya. 

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa memberikan apresiasi beberapa klasifikasi untuk pengelola. Apresiasi mulai dari pengelolaannya, homestay-nya, paket wisatanya, seluruhnya ada 6 kriteria dan sudah kita apresiasikan kepada mereka,” jelasnya. 

Harapannya dengan pengelolaan desa wisata apalagi ada yang memperoleh atau mendapatkan penghargaan ini, pengelolaannya jangan berhenti sampai di sini, namun terus dikembangkan.

“Dengan begitu, dapat merangsang ekonomi secara umum. Tidak hanya wisata saja namun juga kulinernya jalan, home stay-nya jalan, budaya lainnya juga jalan, semuanya jalan dan ini tujuan akhirnya,” kata Edy Soepriyanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Drs Sunyoto mengatakan, event malam ini yang kita helat sejak kemarin adalah event “Rumaket Greget”.

 “Seperti kata pak sekda tadi ini menjadi awal rumaketnya (akrabnya) Dinas Pariwisata dengan ekonomi kreatif untuk berkolaborasi,” ujarnya. 

Dinas Pariwisata sendiri baru tahun ini menggelar event gebyar ekonomi kreatif dan pemberian apresiasi kepada pengelola pariwisata. 

Kemudian binaannya adalah komunitas kreatif dan kita gabung, kita kolaborasi dan kerjasama untuk membuat event ini.

Sunyoto berharap setelah ketemu, berorientasi nantinya menjadi akrab (raket) dan akhirnya punya semangat untuk kedepannya bisa terus berkreasi. 

“Tidak hanya budaya dan pariwisata saja, melainkan segalanya termasuk juga UMKM,” kata Sunyoto.

Sunyoto berharap, rangkaian kegiatan malam ini diharapkan meningkatkan perekonomian UMKM, serta meningkatkan sektor pariwisata di Trenggalek. 

“Mudah-mudahan gebyar ekraf dan anugerah Sadewa ini menjadi agenda tahunan dan termasuk program unggulan Disparbud Trenggalek,” tandasnya. 

Berita dengan Judul: Dorong UMKM dan Industri Kreatif, Disparbud Trenggalek Gelar Gebyar Rumaket Greget pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : SARNO

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x