x

Dislutkan Provinsi Kalsel Laksanakan Program Budidaya Ikan Gabus Untuk Tekan inflasi

waktu baca 2 menit
Rabu, 15 Mei 2024 09:34 0 52 G. IRAWAN

 

BANJARBARU – LIPUTAN 4.COM. Ikan haruan (IKAN GABUS) dinilai merupakan salah satu produk penyumbang inflasi di Kalsel.

Guna mengatasi hal tersebut Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalsel melaksanakan program Pembudidaya budidaya ikan gabus yang terletak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), dan Hulu Sungai Utara (HSU).

Kepala Dislutkan Provinsi Kalsel, H Rusdi Hartono menyampaikan, selama ini hubungan produksi ikan gabus mengandalkan penangkapan terutama di daerah Kabupaten HSS, HST, HSU, Tapin, Balangan, Tabalong dan beberapa daerah di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarmasin,” ucap Rusdi Hartono.

“Karena tingginya permintaan dari pangsa pasar, maka diperlukan produksi lebih melalui kegiatan pembudidayaan,” kata Rusdi, Selasa (14/05/24).

Berdasarkan dari data statistik tahun 2023, jumlah produksi budidaya produk ikan gabus sebesar 1.200 ton tersebar di Kabupaten Barito Kuala, HSS, HST, HSU, Banjarmasin dan Banjarbaru.

Rusdi Hartono menjelaskan, sejak 2022 ada kampung budidaya haruan (gabus), kampung gabus ada di Desa Mahang Kecamatan Labuan Amas Selatan HST sudah ada 4 kelompok pembudidayaan dan telah menghasilkan 7 ton ikan gabus sepanjang 2023,” jelasnya.

Kemudian, di Desa Asam Kabupaten HSS juga telah dibentuk pembenihan ikan gabus, dan pembesaran ikan gabus.

“Untuk HSU ada hasil tangkapan, dipelihara dan dibenihkan untuk budidaya karena daerah rawa,” ucap Rusdi Hartono.

Melihat kondisi saat ini, pemicu ikan haruan (gabus) yang saat ini sedang mengalami kenaikan harga salah satunya akibat dari faktor cuaca.

Pada saat kemarau maka ikan haruan (gabus) akan mudah didapat, akan tetapi memasuki musim hujan sulit sekali untuk didapat dan harga cenderung mengalami kenaikan,” tutur Rusdi Hartono.

Oleh karena itu, pihak Dislutkan Kalsel terus berupaya untuk mengembangkan bagian mana cara untuk melakukan pengembangan budidaya ikan haruan (gabus) dengan memberikan bantuan secara stimulan baik untuk pakan, maupun keperluan pembudidayaan lainnya,” terangnya.

“Dengan pengembangan budidaya ikan gabus ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat Kalsel dan bisa menjadi alternatif dalam mengurangi inflasi di Kalsel,” pungkasnya (MC Kalsel/scw/Lip.4.Com).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Idul Adha Taliabu 2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x