x

Diduga Dikerjakan Asal Jadi, Proyek TPT Jalan Raya Cidakom Desa Resmi Tinggal Mempergunakan Bahan Material Yang Tidak Sesuai RAB

waktu baca 2 menit
Sabtu, 29 Jul 2023 09:23 0 731 ASEP DILI

Liputan4.com | Kab.Bandung – Tembok Penahan Tanah (TPT) merupakan bagian proyek bidang Jalan Dari PUTR, Diduga dikerjakan asal jadi tanpa menghiraukan ketentuan yang sudah disepakati dalam RAB.

Berdasarkan hasil penelusuran liputan4.com dilokasi kegiatan pelaksanaan pembangunan TPT tepatnya di jalan raya cidakom Desa Resmi tinggal, Kecamatan kertasari menemukan beberapa kejanggalan yang harus disikapi oleh stackholder dan Aparat Penegak Hukum (APH).

Selain tak adanya papan proyek dilokasi kegiatan, sebagai bukti pelanggaran terhadap Undang – Undang No. 14 Tahun 2008, juga dalam pekerjaannya menggunakan material pasir berwarna kemerahan, kalau di lihat kaya bukan pasir tapi kaya tanah merah.

Selain itu, tak adanya galian untuk pondasi yang berpungsi sebagai penguat ke bawahnya pun hanya sedikit, dikhawatirkan kwalitas dan kwantintasnya tidak bakalan tahan lama.

Ket : pasir yang di gunakan proyek TPT terlihat seperti tanah merah dan adukan terkesan kurang semen.

Tentunya hal tersebut mendapatkan kritik dari salah satu ketua ormas di kertasari, mengatakan, hal yang sangat ironis telah ditunjukan oleh salah satu CV sebagai pemenang lelang.

“Seharusnya pihak perusahaan terbuka apa adanya, papan proyek dilokasi kegiatan sangat penting, agar masyarakat mengetahui dan ikut serta mengawasi,” kata EP ditempat kediamannya. Rabu 26 Juli 2023.

Apabila pekerjaan tersebut disub kan lagi ke perusahaan lain, lanjutnya, seharusnya pihak ke tiga yang memenangkan lelang dengan nilai ratusan juta mampu ikut mengawasi, agar hasilnya sesuai dengan perencanaan dan harapan masyarakat.

Sebelumnya pelaksana kegiatan bambang, saat tim liputan4.com ke lokasi tidak ada di tempat, dan tim liputa4.com mencoba komfirmasi via Whatsapp terkait pelaksanaan pengerjaan tidak ada papan informasi malah menyuruh menghubungi kosim.

“Silahkan hubungi bos kosim,” kata bambang sambil mengirimkan nomer kontaknya , melalui pesan Whatsapp. Rabu 26 Juli 2023.

begitu juga ketika awak media liputan4.com mencoba komfirmasi melalui chat Whatsaap kepada Kosim terkait tidak ada papan Informasi di lokasi pengerjaan, tidak ada tanggapan dan pesan WhatsApp cuma di baca saja.

Selanjutnya, sebagai pengawas dari kegiatan tersebut salah seorang staff UPT PU ciparay dan staff Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kab Bandung, pada saat dihubungi melalui pesan Whatsappnya sampai berita ini di turunkan belum memberikan keterangan yang jelas.***(Asdil)

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x