Dalam Rangka Idul Adha 1443H, Kades Cendana Hijau: BerQurban Adalah Sebaik-Baik Kesempatan Untuk Menguji Keimanan

Dalam Rangka Idul Adha 1443H, Kades Cendana Hijau: Berqurban Adalah Sebaik-Baik Kesempatan Untuk Menguji Keimanan

Luwu Timur -Idul Adha adalah Hari dimana Kita punya kesempatan untuk lebih mendekatkan Diri pada Sang Khalik dengan melaksanakan suruhan ibadah berQurban. Pelaksanaan hari raya idul adha telah ditetapkan pemerintah pada tanggal 10 juli 2022.

Kades Cendana Hijau Mengatakan, pada Hari yang Mulia ini Kita punya kesempatan untuk mensyukuri Nikmat dan Karunia yang telah Kita dapatkan dan di Hari Suci ini Kita mendapat sarana untuk berbagi di antara Muslim bukan hanya di sekitar Kita tapi semua Muslim melaksanakannya di seluruh Dunia.


“Berqurban adalah kesempatan yang sebaik baik kesempatan bagi Kita untuk menguji Ke Imanan”. Ujarnya

Dulu Nabi Ibrahim di Uji Ketaqwaannya dengan mengurbankan Anaknya Nabi Ismail,tanpa ragu dan Ikhlas Nabi Ibrahim ra melaksanakannya.

“Karena pada dasarnya Allah SWT tidakkan memberi ujian bagi Hamba Nya kalau tidak sanggup,dan ini berlaku pula bagi Umat Muslim yang mampu Rezeki Materi atau Rezeki Waktu untuk melaksanakan nya. Dimulai dengan pelaksanaan Perjalanan Haji, dan berqurban bagi yang mampu, bagi Kita yang belum berkesempatan untuk melakukan Ibadah Haji, berqurban adalah salah satu Rukun dalam Islam yang harus dikerjakan kalau kita mampu secara Materi”. Lanjutnya

Dalam pelaksanaannya Kita di anjurkan untuk menyembelih hewan Qurban dengan Iman yang Ikhlas dan Taqwa sebagai bukti ke Cintaan kita kepada Allah SWT.

 

“Merayakan Idul Adha , bukan dimaksudkan hanya berbagi daging Qurban, tapi memaknai sejarah dan tujuan berqurban itu sendiri , bukan larut sebagai serimonial atau raya merayakan semata, tapi disitu terkandung makna ketaqwaan, Kesungguhan, dan ke Imanan”. Jelas Jajang

 

“Mari kita kembali galakkan mencari Ilmu dan makna kenapa harus berkurban Hewan. dari aspek Religius/kajian Al Qur’an dan Aspek Sosial.disitu terkandung Hikmah bagai mana berbagi dengan Tetangga. Aspek Kesehatan yaitu berbagi Protein Daging dengan Orang yang kurang mampu”. Papar Kepala Desa

“Janganlah Kita larut dan sibuk dengan Idul Adha dalam konteks Tradisi Seremonial semata ,tapi renungkanlah Arti berqurban dan menyerahkan semuanya kepada Allah SWT.
Semoga Hari Raya Qurban ini memberi Kita Hidayah dan pencerahan agar lebih mendekatkan Diri pada Sang Pencipta. Kami pemerintah desa cendana hijau mengucapkan selamat hari raya idul Adha”. Tutup Kepala Desa Cendana Hijau, Jajang Jayawinata.

Print Friendly, Pdf & Email