x

Dahulu Tampak Menyeramkan, TPA Terjun Kini Lebih Hijau dan Asri

waktu baca 2 menit
Sabtu, 4 Feb 2023 06:45 0 285 Redaksi

Liputan 4.com, Medan |
Wali Kota Medan Bobby Nasution terus mendorong Perangkat Daerah untuk merealisasikan lima program prioritas yang telah ditetapkan salah satunya adalah di bidang kebersihan. Bobby Nasution ingin penanganan kebersihan tidak hanya di kewilayahan saja namun juga harus dilakukan hingga ke tempat pembuangan akhir sampah (TPA).

Menindak lanjuti perintah Wali Kota Medan Bobby Nasution tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan (DLH) dr. Suryadi Panjaitan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/2) mengatakan Dinas Lingkungan Hidup terus melakukan pembenahan terhadap TPA Terjun yang berlokasi di Kecamatan Medan Marelan. Tidak hanya merubah sistem pengelolaan sampah yang sebelumnya open dumping menjadi sanitary landfill yang diperkirakan selesai di bulan Maret 2023 ini, DLH Kota Medan juga menata TPA Terjun menjadi tampak lebih hijau dan asri.

“TPA Terjun sudah kita tata lebih baik dari yang dulu, kalau dulu TPA Terjun ini kan terlihat seram dan menakutkan, tapi sekarang sudah jauh berubah lebih baik, lebih hijau dan asri.”kata dr. Suryadi Panjaitan.

dr. Suryadi Panjaitan juga mengatakan di TPA Terjun saat ini sudah dibangun tempat istirahat bagi masyarakat yang beraktivitas di TPA tersebut dengan konsep Ruang Terbuka Hijau (RTH).

“Sudah kita tata agar TPA terjun ini memiliki RTH sebagai tempat istirahat ataupun ngobrol-ngobrol masyarakat yang beraktivitas disitu. Kita juga enak memandang dari situ.” Ungkap dr. Suryadi Panjaitan sembari mengatakan perubahan juga dirasakan dari aroma busuk yang sudah tidak tercium lagi.

Selain menanam pohon-pohon untuk menambah penghijauan, DLH Kota Medan nantinya juga akan membangun gapura pintu masuk ke TPA.

“Gapura ini dibangun supaya lebih indah dilihat masyarakat dari luar, jadi memang betul-betul TPA ini kita tata agar lebih baik, apalagi disitu juga banyak hewan-hewan seperti unggas yang hidup dan di bawahnya juga ada kolam-kolam ikan milik masyarakat, itu menandakan TPA ini tidak seseram yang masyarakat bayangkan.”ujar dr. Suryadi Panjaitan(JB)

Judul: Dahulu Tampak Menyeramkan, TPA Terjun Kini Lebih Hijau dan Asri
Terbit juga di: LIPUTAN4.COM.
Reporter: Joni Barus

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x
x