x

Cara Berpikir agar Tidak Merasa Paling Benar

waktu baca 2 menit
Selasa, 20 Des 2022 11:45 0 298 Redaksi

JAKARTA – Anggota Majlis Pendidikan Tinggi dan Litbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, S.U membeberkan alasan mengapa manusia sering merasa paling benar. Menurutnya, manusia zaman sekarang sering mengalami inkonsisten

Inkonsisten yang ia maksud, dalam islam Tuhan adalah yang maha kuasa sebagaimana yang tertulis dalam Asmaul Husna yang berjumlah 99. Namun, di sisi lain manusia juga kerap memaksakan kehendak di atas kuasa manusia lain.

Ia melanjutkan, jika ada seseorang yang menganggap perbuatannya paling benar maka akan memaksa perbuatannya diikuti oleh orang lain. Menurutnya, kuasa atas orang akan melakukan sesuatu adalah kuasa tuhan.

“Seringkali kita mengalami inkonsistensi, jadi satu sisi dalam islam ya tuhan itu maha kuasa menentukan seseorang jadi saleh atau tidak itu kesatuan, di sisi yang lain kita memaksa orang untuk mengikuti, kan itu bertentangan dengan keyakinan kita,”kata Abdul Munir dalam Podcast Aksi Nyata Perindo, Senin (19/12/2022).

Ia menyebutkan, sebagai seorang manusia seyogianya harus lebih memfokuskan diri untuk konsisten berbuat kebaikan. Terkait orang lain akan mengikuti kebaikan kita bukan lagi kuasa seorang manusia.

“Mengapa kita tidak komitmen pada kita berbuat baik kepada orang lain, perkara orang lain mengikuti atau tidak itu terserah kepada petunjuk Tuhan,” ujarnya.

“Dengan cara begitu kita aman bergaul dengan semuanya (tanpa merasa paling benar),” tambahnya.

Abdul Munir menambahkan, manusia juga susah untuk mensinergikan kebenaran yang baku dan yang relatif. Ia mencontohkan kitab suci. Kitab suci merupakan kebenaran yang baku dan pemahaman manusia akan kitab suci merupakan kebenaran yang relatif.

“Sementara kita sering kali mensakralkan paham kita karena bersumber dari kitab suci yang sakral, padahal yan sakral hanya kitab suci, pemahaman kita belum tentu,” ucapnya.

Berita dengan judul: Cara Berpikir agar Tidak Merasa Paling Benar pertama kali tampil pada LIPUTAN4.COM. Reporter: taufik

Bupati Konawe

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
HARI KARTINI
ULTAH PULAU TALIABU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x