x

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani Menyerahkan Penghargaan Kepada 10 Kelompok Tani Berprestasi.

waktu baca 2 menit
Selasa, 9 Jan 2024 08:54 0 114 YULI LUTRA

Penghargaan ini diserahkan Indah pada acara Gebyar Pupuk Kakao NPK Pelangi yang diselenggarakan di Lapangan Desa Mappedeceng, Kecamatan Mappedeceng.

“Luwu Utara ini PDRB-nya dominan disumbang oleh sektor pertanian. Kontribusi sektor ini terhadap PDRB kita bahkan hingga 49,97%. Jadi wajar ajang-ajang apresiasi seperti ini kita lakukan di Luwu Utara,” ungkap Bupati Indah, saat setelah menyerahkan penghargaan.

Bupati indah, menyebut bahwa kesejahteraan petani yang diukur dengan Nilai Tukar Petani (NTP)  meningkat setiap tahunnya.

“Terakhir saya dapat data dari Bapperipda, nilai tukar petani mengalami peningkatan hingga poin 106,39– ini berarti petani kita mengalami surplus dan sudah bisa saving sampai 6%,” terang Bupati Indah.

Indah pun menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang bergerak di sektor pertanian.

“Momentum ini juga saya gunakan untuk  menyampaikan apresiasi kepada segenap teman-teman penyuluh, insan pertanian di Luwu Utara termasuk di dalamnya para kelompok tani, serta bapak dan Ibu yang bergerak di sektor pertanian,” tuturnya.

“Karena Kabupaten Luwu Utara setelah pandemi covid-19 yang diperparah dengan kondisi banjir bandang pada 2020 lalu, ekonomi kita sempat terburuk secara nasional bahkan global, sampai di minus 0,2. Alhamdulillah ternyata kita bisa reborn, di tahun 2022, pertumbuhan ekonomi Luwu Utara naik hingga angka 5,09 atau di atas rata-rata nasional dan provinsi,” terang bupati Indah.

Adapun 10 kelompok tani yang mendapatkan penghargaan kelompok tani berprestasi dalam acara ini yaitu Kelompok Tani Gunungsari Desa Muktijaya Kecamatan Baebunta Selatan sebagai juara umum, Kelompok Tani Barca Desa Baku-baku Kecamatan Malangke Barat, Kelompok Tani Sumber  Rejeki Desa Bantimurung Kecamatan Bone-Bone, Kelompok Tani Mekar Desa Kalotok Kecamatan Sabbang Selatan,  Kelompok Tani Tanamanai Desa Muktijaya Kecamatan Baebunta Selatan.

Kemudian Kelompok Tani Makkari Tutur, Desa Arusu Kecamatan Malangke Barat, Kelompok Wanita Tani Mawar Desa Sumber Harum Kecamatan Mappedeceng,  Kelompok Tani Masumpu Loloe Desa Mangalle Kecamatan Mappedeceng, Kelompok Tani Taro Ada Taro Gau Desa Bakka Kecamatan Sabbang, dan Kelompok Tani Balatul Jaya Satu Desa Patila, Kecamatan Tanalili, Kabupaten Luwu Utara.

Bupati Konawe

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
HARI KARTINI
ULTAH PULAU TALIABU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x