x
IPemda-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024

Antisipasi PMK Pada Hewan Ternak, Tim Vaksinasi Dinas Pertanian Lutim  Laksanakan Suntik Vaksin PMK di Wotu

waktu baca 2 menit
Selasa, 18 Okt 2022 12:45 0 291 Redaksi

Luwu Timur -Terkait Penyakit mulut dan kuku yang merupakan wabah virus pada hewan ternak ruminansia. Wabah ini menyebabkan penyakit viral yang sangat menular dan menyerang semua hewan berkuku belah/genap seperti sapi.

Oleh karna itu, Tim Vaksinasi PMK dari Dinas Pertanian Kabupaten Luwu Timur menggelar suntik vaksin PMK kepada hewan ternak di kecamatan wotu. Nursait S. P (koordinator Bidang PMK) mengatakan pelaksanaan suntik vaksin pada hewan sapi di Desa Cendana Hijau ini Selasa, 18/10/2022, kegiatan hari kedua berjalan.

“Pelaksanaan Vaksin PMK kali ini hari kedua berjalan, dimana kemarin pelaksanaan vaksin kita laksanakan di desa lera dan telah memberikan vaksin pada sapi sekitar 90 ekor. Dan di desa cendana hijau kali ini sementara kita laksanakan”, ujarnya.

Adapun kriteria ternak sapi yang layak divaksin adalah sapi sehat pada daerah yang masih rendah tingkat infeksinya dan setelah dilakukan screening maka Kecamatan Wotu memenuhi syarat untuk pelaksanaan vaksinasi tahap I sesuai dosis yang tersedia.
“Sebelum pelaksanaan vaksin ini terlebih dahulu kita telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan pada semua ternak dan layak untuk melaksanakan suntik vaksin PMK pada hewan ternak sapi”, jelas Koordinator Bidang PMK tersebut.

Selain itu Babinsa Koramil 1403/13 Wotu, Serda Khaerul Anam yang turut membantu kegiatan tersebut menyampaikan pada kegiatan pendampingan hari ini pemilik ternak merasa sedikit berkurangnya kekewatiran peternak dengan pemberian vaksin pada hewan ternaknya.

“Kami disini cuma membantu tim vaksin PMK bila ada yang bisa di bantu, saya melihat para peternak kita dengan adanya vaksinasi PMK ini kekuatirannya berkurang, kita berharap daerah kita aman dari penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak”, harap Serda Khaerul Anan.

Penyakit mulut dan kuku (PMK) juga dikenal sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) Jenis penyakit ini disebabkan dari virus tipe A dari keluarga Picornaviridae, genus Apthovirus yakni Aphtaee epizootecae.

Turut dalam kegiatan, Petugas vaksinasi PMK, Drh Afni tasari, Nursait S. P (kordinator Bidang PMK), Yunus Balalembang, Ngapundi  (PPL) dan Babinsa Khaerul Anan.

Berita dengan Judul: Antisipasi PMK Pada Hewan Ternak, Tim Vaksinasi Dinas Pertanian Lutim  Laksanakan Suntik Vaksin PMK di Wotu pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Biro Luwu Timur

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Forum-Koordinasi-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
TP-PKK-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Diskominfo-Pulau-Taliabu-Idul-Adha-2024
Idul Adha BPKAD 2024
Pencegahan Stunting
ROKOK ILEGAL
AKU PACAK
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x