x

Bupati Lotim NTB: Tahun 2023 Pemda Lotim Akan Fokus Pada Peningkatan IPM dan Pengembangan UMKM.

waktu baca 2 menit
Kamis, 13 Okt 2022 08:45 0 184 Redaksi

Liputan4.com – Lombok Timur NTB – Bupati Lombok Timur,(Lotim) Nusa Tenggara Barat (NTB) H. M. Sukiman Azmy menghadiri acara talkshow dalam rangkaian Roadshow Industrialisasi Pemerintah Provinsi NTB di Lombok Timur, yang dihadiri Gubernur NTB, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Direktur Utama Bank NTB Syariah. Bertempat di Lapangan Tugu Selong. Rabu (12/10/2022).

Dalam sambutannya Bupati Sukiman Azmy menyampaikan pada tahun terakhir RPJMD 2018-2023, Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur akan fokus pada peningkatan IPM dan pengembangan dan fasilitasi UMKM.

Bupati berharap fasilitasi tersebut dapat mendorong peningkatan kualitas serta industrialisasi bagi UMKM di Lombok Timur. Diharapkan pula dukungan Pemerintah Provinsi NTB dan Bank Indonesia, serta perbankan, termasuk BUMD Bank NTB Syariah.

Sebelumnya Bupati Sukiman mengakui dukungan perbankan, terutama Bank Indonesia dalam upaya meningkatkan kelas UMKM di daerah ini.

Bupati juga sempat menceritakan bagaimana kesulitan petani menjual produknya ketikan musim panen tiba. Karena itu Pemda melalui BUMD PD Agro Selaparang membeli hasil panen petani agar tidak mengalami kerugian.

Pada talkshow bertema “Ekosistem Industrialisasi, Diversifikasi Produk Lokal” itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah menyebut industrialisasi sebagai kebutuhan, bukan sekadar program pemerintah provinsi.

Industrialisasi, menurut Gubernur adalah upaya dan kesadaran untuk meningkatkan nilai tambah dengan mengolah, mengemas, ataupun proses lainnya sehingga menambah nilai jual yang lebih kompetitif dan pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Memakai produk lokal, merupakan salah satu Langkah mendukung industrialisasi,” ungkap Bang Zul sapaan akrab Gubernur NTB itu.

Gubernur Zul melihat dari segi diversifikasi produk, Lombok Timur sudah lengkap karena itu ia optimis dengan dukungan dan kolaborasi berbagai elemen, utamanya perbankan guna mendukung industrialisasi tersebut.

“Perbankan ini harus diyakinkan untuk berani melawan cara berfikir mainstream,” tegas Gubernur.

Roadshow industrialisasi yang berlangsung di Lapangan Tugu Selong itu diisi pula bazar produk mulai dari UMKM hingga siswa SMK. Produk yang tersedia mulai dari tenun, pakaian, kuliner, hingga permesinan, yang merupakan karya UMKM Lombok Timur.(red)

 

Berita dengan Judul: Bupati Lotim NTB: Tahun 2023 Pemda Lotim Akan Fokus Pada Peningkatan IPM dan Pengembangan UMKM. pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Makbul

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x