x

Wujudkan Penyelenggaraan Arsip Terpadu, Pemkab Sergai Gelar Bimtek Aplikasi Srikandi

waktu baca 2 menit
Kamis, 19 Okt 2023 17:30 0 875 SARIANTO DAMANIK

Sergai, Liputan4.com – Mengikuti perkembangan teknologi saat ini, pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik melalui aplikasi “Srikandi” dapat memudahkan penyimpanan dan penemuan kembali arsip, penghematan kertas, memudahkan koordinasi dan surat menyurat antar OPD serta komunikasi surat menyurat dari pusat ke daerah. Tidak ada batas ruang dan waktu dimanapun dan kapanpun.

Hal ini dikemukakan Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara Darma Wijaya melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H.M. Faisal Hasrimy, AP, M.AP saat membuka secara resmi bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan arsip dinamis daerah Kabupaten/Kota yang dinamai dengan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) Tahun 2023.

Kegiatan bertempat di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (19/10/2023).

Lebih lanjut disampaikan Sekda bahwa dalam rangka tertib administrasi penyelenggaraan pengelolaan persuratan dan kearsipan di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda), maka diselenggarakan pengelolaan persuratan dan kearsipan di lingkungan Pemda dengan berpedoman dan menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2022 tentang Kode Klasifikasi Arsip di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemda dan melaksanakan implementasi Srikandi sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Ia menambahkan jika Bimtek ini adalah untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman penggunaan Aplikasi Srikandi kepada seluruh unsur OPD di Lingkungan Pemkab Sergai.
“ Penggunaan Aplikasi Srikandi ini sebagai upaya untuk mewujudkan efisiensi penyelenggaraan administrasi pemerintahan dalam penyelenggaraan arsip terpadu, mempercepat pekerjaan, meningkatkan kinerja, meningkatkan produktivitas, efisiensi, efektivitas dalam mempermudah pekerjaan di pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sergai, Elinda Sitianur, SE melaporkan jika kegiatan yang dihadiri sebanyak 60 orang dari seluruh OPD ini bertujuan untuk meningkatkan dan mempermudah pekerjaan serta bermanfaat untuk mewujudkan pengelolaan arsip yang baik dan profesional.

“ Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan akuntabilitas dalam kearsipan serta menjadi memori kolektif bangsa karena pengelolaan informasi berbasis digital dapat terekam dengan baik dan memudahkan koordinasi antar pemerintah,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara ini, Asisten Administrasi Umum Ir H Kaharuddin, MM, narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan seluruh peserta Bimtek dari OPD se Kabupaten Sergai. (Dmk)

Media Center Sergai).

Teks/Editor : Lenti/Rini Ry
Reporter : Brojeps
Admin :

Google News

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

LAINNYA
x
x