x

Wujud Cinta Pancasila, Lapsustik Kelas II A Pamekasan Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

waktu baca 3 menit
Rabu, 1 Jun 2022 20:45 0 330 Redaksi

Liputan4.com, Pamekasan – Setiap 1 Juni diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia sebagai Hari Lahir Pancasila. Namun, Pada peringatan hari Lahir Pancasila 2022 tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.

Pasalnya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta yaitu dilaksanakan secara terpusat di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur tepatnya di Lapangan Pancasila Ende.

Seperti tahun sebelumnya Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 , Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan mengikuti Hari Lahir Pancasila secara virtual bersama dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Rabu (01/06).

Dalam hal ini hadir langsung di Aula Gedung Utama Lapas Narkotika Pamekasan yaitu Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim, Yan Rusmanto, seluruh Pejabat Struktural serta serta seluruh pegawai yang menyaksikan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara virtual di rumah masing-masing melalui kanal YouTube BPIP RI dan TV Nasional dan wajib mengumpulkan foto dokumentasi keikutsertaan. Upacara Hari Lahir Pancasila dimulai pukul 06.30 WIB dan

Bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan mengenakan pakaian adat daerah Kota Ende yaitu Ragi Lambu-Luka Lesu, lengkap dengan penutup kepala.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, menjelaskan dalam amanatnya bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan momentum untuk benar-benar bisa memanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Hari ini kita memperingati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende. Kota yang penuh dengan sejarah, dimana sebagai tempat perenungan Presiden Soekarno di tengah pengasingannya tentang dasar negara yang kini kita kenal sebagai Pancasila,”tuturnya

“Walaupun sejatinya nilai-nilai Pancasila sudah menyatu dalam diri setiap warga negara, namun Peringatan Hari Lahir Pancasila saat ini sejatinya dapat dijadikan untuk semakin memperkokoh persatuan nasional jangan mudah terpecah belah,” terang Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut lagi Presiden Joko Widodo mengajak seluruh anak-anak bangsa dimanapun berada untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Saya mengingatkan, kita harus betul-betul mengamalkan pancasila dan memperjuangkan pancasila, kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita,”ujarnya

“Serta mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan menjiwai interaksi antar sesame anak bangsa. Inilah tugas kita bersama menjadikan pancasila sebagai idiologi yang bekerja yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya bagi seluruh tumpah darah Indonesia ” pungkasnya Joko Widodo.

Sementara itu Kalapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kanwil Kemenkumham Jatim, Yan Rusmanto menyampaikan terkait pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara virtual.

“Meskipun Upacara dilakukan melalui virtual kita harus tetap melaksanakan sikap sempurna,”katanya

“Upacara ini juga merupakan bentuk nyata Lapas Narkotika Kelas IIA Pamekasan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila di dalam kehidupan bermasyarakat,“ Ujar Yan Rusmanto.

Selepas memimpin jalannya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 di Lapangan Pancasila, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Jokowi mengunjungi Taman Renungan Bung Karno. Selama pelaksanaan kegiatan berlangsung dengan tertib dan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada..

Berita dengan Judul: Wujud Cinta Pancasila, Lapsustik Kelas II A Pamekasan Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual pertama kali terbit di: Berita Terkini, Kabar Terbaru Indonesia – Liputan4.com. oleh Reporter : Chalik Ibn As

Stik Famika Makassar

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RIDWAN AZIZ
PLT BUPATI LABUHANBATU
Stik Famika Makassar
LAINNYA
x
x